Untuk Guru: Ini Dia Cara Mengajar Online yang Efektif

Jum'at, 15 Oktober 2021 - 06:22 WIB
loading...
A A A
Mampu Mengelola Kelas Online
Seperti yang dibahas sebelumnya, mengajar di kelas online tidak semudah yang dibayangkan. Karena tidak berhadapan secara langsung, seorang guru senior sekalipun akan susah memantau perkembangan siswa selama mengajar online. Keterampilan membangun komunikasi efektif dan mengelola kelas online, menjadi salah satu ciri guru yang disukai siswa saat ini.

Keterampilan ini menuntut Anda mampu menciptakan suasana yang kondusif ketika proses belajar online berlangsung. Karena, tidak menutup kemungkinan jika siswa mengalami gangguan saat menghadiri kelas online Anda. Berbeda dengan kelas konvensional, di kelas online, Anda tidak bisa menjamin semua siswa disiplin mengikuti pembelajaran.

Saat belajar di kelas offline, Anda tentu lebih mudah memberi teguran kepada siswa yang membuat masalah. Sedangkan, ketika belajar online, kemungkinan siswa yang diberi teguran langsung meninggalkan kelas begitu saja. Maka dari itu, temukanlah strategi yang efektif dalam mengawasi siswa untuk menciptakan suasana kelas online yang lebih kondusif.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengajar online yang lebih efektif. Karena proses belajar online tidak sepenuhnya gratis, ada baiknya jika mencari cara menghemat kuota saat daring. Karena, tidak bisa dipungkiri jika para siswa juga mengeluhkan keterbatasan kuota internet untuk belajar online. Selamat mencoba!
(mpw)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2093 seconds (11.97#12.26)