Ini 7 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Jaga Kesehatan Mental Anak Saat PJJ

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 00:23 WIB
Ini 7 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Jaga Kesehatan Mental Anak Saat PJJ
Menjaga kesehatan mental pada anak terutama ketika anak harus menjalankan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama masa pandemic Covid-19 ini. Foto/Dok/Zenius
A A A
JAKARTA - Banyak cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental pada anak . Terutama ketika anak harus menjalankan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama masa pandemic Covid-19 ini.

Melalui siaran pers, Jumat (15/10/2021), aplikasi pembelajaran online Zenius menyatakan, dampak pandemi Covid-19 tidak hanya dirasakan oleh orang dewasa, namun juga bagi anak. Tidak mudah bagi para siswa untuk menghadapi perubahan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Baca juga: Mau Jadi Guru Ideal? Ini Dia Kriteria dan Ciri Guru yang Disukai Siswa

Kurangnya interaksi dengan teman-teman sekelas secara langsung, beban tugas yang menumpuk, dan ruang gerak saat bermain yang terbatas, turut berdampak pada kesehatan mental dan emosional anak.



Banyak cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental pada anak. Dalam peringatan World Mental Health Day atau Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang dirayakan setiap tanggal 10 Oktober setiap tahunnya, mari mulai untuk memberi perhatian lebih pada kesehatan mental anak.

Berikut ini adalah beberapa upaya yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental anak saat masa PJJ yang telah dirangkum Zenius:

1. Bangun hubungan dengan anak
Ketika pandemi, anak menghabiskan sebagian besar atau bahkan seluruh waktunya di rumah. Untuk itu, orang tua perlu membangun kedekatan dengan anak dengan menunjukkan perhatian secara maksimal, menjadi pendengar yang baik, dan menjadi sosok sahabat yang selalu siap sedia bagi anak. Dengan cara ini, anak akan mendapatkan kasih sayang serta terbiasa untuk berkomunikasi dan terbuka dalam menceritakan kesulitan yang dialaminya.

2. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi
Makanan yang sehat dapat menjaga kesehatan, membantu kinerja otak, juga membuat anak berpikir lebih jernih. Berikan variasi makanan yang beragam serta gizi seimbang. Sesekali, tak ada salahnya untuk mengajak anak mengonsumsi makanan favoritnya agar mood-nya menjadi lebih baik. Jangan lupa pastikan anak untuk selalu memenuhi konsumsi air putih sesuai kebutuhan

3. Tidur dan istirahat yang cukup
Durasi tidur yang ideal bagi anak usia 6-13 tahun adalah 9 sampai 11 jam per hari, sedangkan bagi anak usia 14-17 tahun adalah 8 hingga 10 jam per hari. Orang tua perlu memperhatikan jam tidur anak, jangan sampai anak tidur terlalu larut malam. Selain itu, batasi screen time anak supaya tidak terlalu lama bermain gadget.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2112 seconds (11.252#12.26)