Ini 10 Jurusan IPS dengan Peluang Kerja dan Gaji Tinggi

Kamis, 30 Desember 2021 - 22:26 WIB
loading...
Ini 10 Jurusan IPS dengan Peluang Kerja  dan Gaji Tinggi
Mahasiswa jurusan hubungan internasional. Foto/Dok/GoKampus
A A A
JAKARTA - Untuk kamu anak IPS yang ingin mencari jurusan-jurusan yang memiliki gaji tinggi bisa disimak 10 jurusan IPS bergaji tinggi sebagai bahan pertimbangan nanti ketika ingin masuk perguruan tinggi.

Memilih jurusan kuliah itu terkadang gampang-gampang susah. Ada yang bilang perlu disamakan dulu dengan minat dan bakat sehingga kecocokan itu bisa membuat semangat belajar sampai lulus di jurusan yang sesuai passion kita itu.



Atau ada juga yang memilih jurusan dengan mempertimbangkan prospek kerja yang menjanjikan serta bergaji tinggi agar ketika lulus nanti bisa mandiri secara finansial. Dengan gaji tinggi kita tidak lagi merepotkan orang tua bahkan bisa membahagiakan mereka dengan gaji yang kita raih.

Melansir laman aplikasi pendaftaran kuliah GoKampus di gokampus.com, Senin (18/10/2021), GoKampus telah merangkum 10 jurusan IPS dengan gaji tinggi. Berikut ini daftarnya:

1. Jurusan Hubungan Internasional
Jurusan kuliah IPS dengan gaji tinggi yang pertama adalah Hubungan Internasional. Hubungan Internasional merupakan salah satu jurusan kuliah IPS yang paling bergengsi.

Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar banyak mengenai relasi dan interaksi antar negara, diplomasi, politik luar negeri, ekonomi luar negeri, kajian sosial, dan lain-lainnya.



Cakupan ilmu yang akan dipelajari di jurusan ini juga sangat beragam, mulai dari globalisasi, organisasi internasional, sistem politik internasional, keuangan global, gerakan sosial global, hukum internasional, hak asasi manusia, hingga konflik etnik.

Jenis pekerjaan yang bisa diilih setelah lulus dari jurusan kuliah anak IPS yang satu ini juga sangat beragam dan tentunya bergaji lumayan tinggi meskipun masih berada di entry level.

Umumnya, lulusan Hubungan Internasional bekerja menjadi seorang Diplomat dan menempatkan diri di Kementerian Luar Negeri RI. Selain itu, masih ada banyak pilihan karir yang bisa kamu coba seperti Politisi, Eksportir, Konsultan Pendidikan, Bagian Tata Usaha Perdagangan Luar Negeri, dan beragam pilihan karir lainnya.

2. Jurusan Hukum
Jurusan Hukum juga bisa masuk ke jurusan IPS dengan gaji tinggi. Sesuai sama nama jurusannya, mahasiswa juga akan mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan sistem hukum dan kehidupan masyarakat.

Mahasiswa juga akan mempelajari seputar perundang-undangan, termasuk hukum dasar (konstitusi, hukum perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hukum pidana, hukum tata pidana) dan hukum internasional yang cakupannya cukup luas.

Jadi, mau tidak mau nantinya mahasiswa harus bisa mengasah kemampuan menghafal karena ada banyak sekali aturan dan hukum yang harus diketahui.

Pilihan karir dari jurusan Ilmu Hukum memang sangat beragam, tetapi beberapa di antaranya mengharuskan untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 maupun profesi. Seperti misalnya menjadi seorang pengacara, maka harus melanjutkan studi ke jenjang Pendidikan Khusus Profesi Advokat.

3. Jurusan Ilmu Komunikasi
Jurusan IPS dengan gaji tinggi berikutnya adalah jurusan Ilmu Komunikasi, di mana perlu diketahui bahwa jurusan Ilmu Komunikasi merupakan hal yang penting di seluruh kehidupan aspek manusia.

Di jurusan Ilmu Komunikasi ini, mahasiswa akan mempelajari seluruh tingkatan komunikasi di jurusan ini. Beberapa di antaranya adalah komunikasi individu, media, periklanan, komunikasi media massa, komunikasi antar budaya, hingga hal-hal lain yang masih berkaitan dengan komunikasi.

Pekerjaan yang paling umum biasanya dikerjakan oleh para lulusan Ilmu Komunikasi adalah menjadi seorang public relation, tetapi bisa juga memilih untuk terjun ke bidang periklanan, pemasaran, hingga penyiaran.

Tak tanggung-tanggung, lulusan jurusan komunikasi juga bisa mendaftar untuk menjadi pegawai di instansi pemerintah maupun swasta dan tentunya dengan gaji yang cukup kompetitif.

Beberapa pilihan pekerjaan yang bisa dipilih diantaranya video editor, penyiar, account executive, jurnalis, content writer, dan lain sebagainya.

4. Jurusan Ilmu Politik
Jurusan IPS dengan gaji tinggi selanjutnya adalah jurusan Ilmu Politik. Secara garis besar, bidang ilmu dari jurusan Ilmu Politik akan banyak mengkaji tentang dunia politik dan permasalahan sosial yang ada.

Beragam ilmu yang akan dipelajari di jurusan ini di antaranya adalah demokrasi, ideologi politik, partisipasi politik, pemilihan umum, komunikasi politik dan opini publik, hingga budaya dan sosialisasi politik.

Untuk prospek kerjanya selain menjadi politisi dan kerja di bidang pemerintahan. Lulusannya juga bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), kritikus, jurnalis, hingga menjadi seorang pengamat politik.

5. Jurusan Manajemen dan Bisnis
Buat kamu yang pengen jadi entrepreneur atau pebisnis sukses, jurusan bisnis dan manajemen ini cocok banget buat kamu karena termasuk ke jurusan IPS dengan gaji tinggi.

Jurusan kuliah IPS ini selalu saja ramai peminatnya karena prospek karir kedepannya bisa dibilang cemerlang banget nih. Jurusan ini juga cocok untuk yang suka belajar tentang keuangan, bisnis, ekonomi, inflasi, wirausaha dan lain-lainnya.

Selain itu, kamu bisa merintis karir di banyak bidang nih seperti analisis investasi, akuntan, penasihat keuangan, perpajakan, pebisnis, dan masih banyak lagi.

6. Jurusan Ekonomi Pembangunan
Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari tentang pembangunan dari sektor bisnis, keuangan, maupun perbankan. Nantinya mahasiswa juga akan belajar tentang analisis pembangunan dari sektor perekonomian.

Selama kuliah, mahasiswa akan dipersiapkan untuk bisa terjun ke dalam bidang perencanaan pembangunan ekonomi, termasuk di dalamnya untuk berperan dalam pembangunan negara dan kesejahteraan bersama.

Selain bisa kerja di perusahaan/startup atau menjadi ahli ekonom, kamu juga memiliki peluang menjadi peneliti, pengusaha, research and development, dll.

7. Jurusan Kriminologi
Jurusan IPS dengan gaji tinggi selanjutnya adalah jurusan Kriminologi. Di jurusan kriminologi, kamu akan mempelajari soal faktor yang menjadi pendorong timbulnya kejahatan dan faktor lain yang melingkupinya.

Jadi, jangan heran kalau studi yang akan dipelajari ialah soal ilmu lain seperti sosiologi, psikologi, psikiatri, ekonomi, sejarah, biologi, antropologi, politik, hukum, hingga tentang jurnalistik.

Biasanya, lulusan dari jurusan Kriminologi banyak dibutuhkan di Kepolisian, Kejaksaan, dan Pengadilan. Tapi, kamu juga memiliki beragam pilihan karir di berbagai lembaga seperti Badan Intelijen Negara (BIN), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kementerian Hukum dan HAM, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), hingga Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan).

8. Jurusan Psikologi
Jurusan IPS dengan gaji tinggi selanjutnya adalah jurusan Psikologi. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku, pikiran, dan mental manusia nih.

Tidak jarang jika nanti profesi ini bisa dianggap sebagai cenayang karena bisa membaca dan senang mengamati perilaku orang-orang di sekitar.

Nah, untuk prospek kerja jurusan psikologi pun bisa beragam, bisa bekerja sebagai HRD, peneliti, maupun jadi psikolog.

9. Jurusan Bisnis Fashion
Dari dulu dunia fashion selalu jadi bidang yang dibutuhkan serta selalu berkembang di setiap zamannya, bahkan semakin ke sini dunia fashion menjadi salah satu yang dibutuhkan oleh orang banyak.

Program Studi Bisnis Fashion akan sangat cocok bagi mahasiswa yang tidak terlalu menyukai pelajaran-pelajaran yang terlalu banyak teori. Di sini mereka akan mempelajari tentang bagaimana mengatur bisnis dan perilaku konsumen pada trend fashion saat ini.

Prospek kerjanya bisa menjadi seorang visual merchandiser, wirausaha fashion, fashion stylist, dan designer terkenal.

10. Program Studi Aktuaria
Jurusan Aktuaria merupakan ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan risiko terhadap keuangan di masa depan. Ilmu aktuaria merupakan kombinasi dari peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer.

Jurusan ini cocok bagi mahasiswa yang gemar akan pelajaran hitung menghitung. Di Indonesia sendiri, jurusan aktuaria memang masih terdengar asing, tapi setelah lulus dan menjadi sarjana aktuaria, maka kamu tidak perlu pusing karena kesempatanmu untuk dapat pekerjaan sangat besar, dan gajinya juga luar biasa.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)