Mau Lulus UTBK SBMPTN? Hindari 7 Kesalahan Ini

Selasa, 19 Oktober 2021 - 23:50 WIB
Mau Lulus UTBK SBMPTN? Hindari 7 Kesalahan Ini
Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Indonesia (UI) 2021 Gelombang 2. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sukses di Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( UTBK SBMPTN ) butuh persiapan khusus termasuk menghindari 7 kesalahan yang kerap dilakukan calon peserta.

Setiap tahunnya Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) selalu menjadi incaran ratusan ribu calon mahasiswa untuk mendapat PTN sasarannya. Tahun ini LTMPT menyebutkan 184.942 peserta dinyatakan lulus SBMPTN 2021.

Baca juga: Calon Mahasiswa Harus Tahu, Ini 10 Jurusan IPS dengan Gaji Tinggi

Maka persiapan pun perlu disiapkan sejak dini sebab jangan sampai ada peserta yang kurang persiapan dan melakukan kesalahan sehingga gagal di UTBK SBMPTN.



Melansir laman startup bidang edukasi Ruang Guru di ruangguru.com, Selasa (19/10/2021), telah dirangkum 7 kesalahan yang perlu dihindari selama persiapan UTBK SBMTN. Simak daftarnya di bawah ini.

1. Salah menggunakan strategi belajar
“Banyak banget materinya, harus mulai belajar UTBK dari mana ya?”
Banyak yang bingung harus mulai belajar materi UTBK dari mana hingga salah dalam memilih strategi belajar. Seperti yang diketahui, soal-soal UTBK dan seleksi mandiri PTN hampir semuanya membutuhkan pemahaman mendalam dan penalaran yang baik.

Banyak di antara calon peserta yang hanya mengandalkan soal-soal UTBK yang lalu dan melahapnya tanpa benar-benar memahami materinya. Apabila kamu hanya menghafal soal dan rumus, ini bisa jadi kesalahan fatal, lho.

Baca juga: UI Peringkat I di Indonesia Bidang Social Sciences versi THE WUR 2022

Tipsnya, kamu bisa mulai dengan memetakan kemampuan diri terlebih dahulu. Pilih materi yang sudah dan belum dikuasai. Kemudian, buat jadwal dan target belajar untuk lebih memperdalam materi yang belum kamu kuasai. Dengan begitu, target belajar bisa terpenuhi menjelang hari ujian nanti.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1631 seconds (11.210#12.26)