Mau Lulus UTBK SBMPTN? Hindari 7 Kesalahan Ini

Selasa, 19 Oktober 2021 - 23:50 WIB
loading...
Mau Lulus UTBK SBMPTN? Hindari 7 Kesalahan Ini
Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Indonesia (UI) 2021 Gelombang 2. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sukses di Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( UTBK SBMPTN ) butuh persiapan khusus termasuk menghindari 7 kesalahan yang kerap dilakukan calon peserta.

Setiap tahunnya Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) selalu menjadi incaran ratusan ribu calon mahasiswa untuk mendapat PTN sasarannya. Tahun ini LTMPT menyebutkan 184.942 peserta dinyatakan lulus SBMPTN 2021.



Maka persiapan pun perlu disiapkan sejak dini sebab jangan sampai ada peserta yang kurang persiapan dan melakukan kesalahan sehingga gagal di UTBK SBMPTN.

Melansir laman startup bidang edukasi Ruang Guru di ruangguru.com, Selasa (19/10/2021), telah dirangkum 7 kesalahan yang perlu dihindari selama persiapan UTBK SBMTN. Simak daftarnya di bawah ini.

1. Salah menggunakan strategi belajar
“Banyak banget materinya, harus mulai belajar UTBK dari mana ya?”
Banyak yang bingung harus mulai belajar materi UTBK dari mana hingga salah dalam memilih strategi belajar. Seperti yang diketahui, soal-soal UTBK dan seleksi mandiri PTN hampir semuanya membutuhkan pemahaman mendalam dan penalaran yang baik.

Banyak di antara calon peserta yang hanya mengandalkan soal-soal UTBK yang lalu dan melahapnya tanpa benar-benar memahami materinya. Apabila kamu hanya menghafal soal dan rumus, ini bisa jadi kesalahan fatal, lho.



Tipsnya, kamu bisa mulai dengan memetakan kemampuan diri terlebih dahulu. Pilih materi yang sudah dan belum dikuasai. Kemudian, buat jadwal dan target belajar untuk lebih memperdalam materi yang belum kamu kuasai. Dengan begitu, target belajar bisa terpenuhi menjelang hari ujian nanti.

2. Mulai belajar setelah pengumuman SNMPTN
Siapa nih yang masih santai dan berharap dari SNMPTN? Terlalu yakin dengan hasil SNMPTN bisa membuat kamu lalai dan nggak belajar materi UTBK SBMPTN. Mulai belajar setelah pengumuman SNMPTN akan mengurangi kesiapan untuk lolos SBMPTN.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1541 seconds (0.1#10.140)