Mau Lulus UTBK SBMPTN? Hindari 7 Kesalahan Ini

Selasa, 19 Oktober 2021 - 23:50 WIB
loading...
A A A
Faktanya, kuota daya tampung untuk setiap program studi di jalur SNMPTN ditetapkan paling sedikit yaitu hanya 20 % dari keseluruhan daya tampung program studi yang bersangkutan.

Maka sebaiknya jangan hanya mengandalkan SNMPTN. Meskipun nilai rapormu bagus, tapi tetap harus mempersiapkan diri untuk UTBK.

3. Belum matang dalam memilih jurusan dan kampus
Jangan sampai bingung memilih jurusan karena belum tahu minat dan bakat. Maka cari tahu di mana kemampuan dan minat kamu sehingga bisa menentukan jurusan yang tepat dari sekarang.

Selain itu, pastikan juga program studi yang dipilih sudah dipahami dengan jelas dengan cara banyak mencari informasi prodi incaran dan jagan ragu untuk bertanya kepada orang yang memahami program studi yang menjadi minat.

Pilihan prodi kedua dan ketiga juga harus disertai alasan yang matang. Anggap saja keduanya sebagai kesempatan ekstra kamu untuk masuk PTN. Tidak menutup kemungkinan kamu diterima di program studi alternatif tersebut, asalkan diperhitungkan peluang tersebut dengan baik dan rasional.

4. Pemahaman konsep lemah, hanya modal menghafal
Soal UTBK menggunakan tipe soal HOTS, yaitu soal yang membutuhkan penalaran tingkat tinggi sehingga kamu tidak terpaku hanya pada satu pola jawaban yang dihasilkan dari proses menghafal.

HOTS adalah salah satu tuntutan keterampilan dalam pembelajaran abad 21, yaitu berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif.

Maka untuk bisa mengerjakan soal HOTS diperlukan pemahaman konsep yang kuat. Bagi kamu yang masih belajar dengan metode menghafal, sepertinya perlu mengubah cara belajar kamu nih. Tenang, kamu akan dibantu oleh video belajar interaktif di ruangbelajar.

5. Kurang latihan soal dan nggak ikut try out
Ikut try out UTBK penting banget untuk melatih calon peserta dalam menghadapi soal serta manajemen waktu dalam menyelesaikan soal UTBK. Hasil dari try out juga bisa jadi bahan pertimbangan dalam memilih jurusan.

6. Tidak mencari tahu daya tampung dan keketatan persaingan
Mencari tahu daya tampung dan keketatan di UTBK tahun sebelumnya bisa memberikan panduan dalam menyusun strategi urutan program studi. Informasi ini bisa kamu dapatkan di laman resmi LTMPT.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1452 seconds (0.1#10.140)