Mahasiswa Perlu Tahu, Begini Langkah Perencanaan Karier Agar Sukses di Dunia Kerja

Rabu, 20 Oktober 2021 - 12:30 WIB
loading...
A A A
Dia melanjutkan, kita harus memahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri, serta memiliki kemampuan untuk menghadapinya. Hal itu akan membantu kita dalam mengevaluasi diri dan melakukan pengembangan terhadap perencanaan karier.

Lanjut MED, penajamaan diri atau branding diri merupakan hal yang dapat dilakukan selanjutnya. “Ciptakan identitas diri yang unik sebagai ciri khasmu. Itu dapat dicapai melalui peran diri dan kompetensi,” ujarnya.

Selanjutnya ketika sudah berkarier di sebuah perusahaan, kita tetap dapat merencanakan langkah ke depan di perusahaan tersebut melalui individual development plan (rencana pengembangan individu, Red). “Konsepnya yakni ketika karyawan sudah bergabung dengan suatu perusahaan dan di sana sudah mengetahui kinerja yang dimilikinya. Hal itu berkaitan dengan pengetahuan, keahlian, dan kemampuan,” imbuh MED.

Terakhir, MED mengatakan bahwa karier dan pekerjaan akan terus berkembang mengikuti kebutuhan zaman. “Untuk itu kita harus bisa menyesuaikan diri dengan kebutuhan pasar, melalui langkah-langkah perencanaan karier. Kita harus siap dengan diri kita sendiri, dengan identitas kita, keahlian, dan kompetensi, serta selalu terbuka untuk terus belajar,” pungkasnya.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2208 seconds (0.1#10.140)