6 Jenis Profesi Jurusan IPA dengan Gaji Ratusan Juta

Selasa, 26 Oktober 2021 - 11:50 WIB
loading...
6 Jenis Profesi Jurusan IPA dengan Gaji Ratusan Juta
Jurusan kedokteran setiap tahunnya tidak pernah sepi peminat. Hal ini karena bekerja sebagai dokter selain profesi yang mulia juga bergengsi dan berpotensi gaji tinggi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Lulusan dari jurusan IPA memiliki potensi untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi. Simak lebih jauh 6 profesi yang cocok untuk anak IPA berikut dengan jurusannya yang sesuai.

Mengutip laman resmi perusahaan financial technology peer-to-peer lending untuk pendidikan Pintek di pintek.id, Selasa (26/10/2021), berikut ini adalah informasi 6 jenis pekerjaan dari jurusan IPA yang menjanjikan gaji besar.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Siswa Lulusan SMK, Sangat Menjanjikan

1. Kedokteran
Jurusan kedokteran setiap tahunnya tidak pernah sepi peminat. Hal ini karena bekerja sebagai dokter selain profesi yang mulia namun juga bergengsi dan berpotensi gaji tinggi.

Sebagai seorang dokter juga berkesempatan bekerja di rumah sakit milik pemerintah dan swasta ataupun klinik. Namun dengan pengalaman yang dimiliki, seorang dokter juga bisa membuka praktek sendiri.

Gaji seorang dokter umum di rumah sakit terkemuka bisa mencapai Rp12 juta hingga Rp15 juta. Sementara untuk dokter spesialis penghasilannya bisa mencapai antara Rp20 juta sampai Rp50 juta.

Baca juga: Mau Raih Beasiswa Tanpa TOEFL? Ini 6 Beasiswa Luar Negeri yang Bisa Diincar

2. Arsitek
Salah satu jurusan untuk anak IPA yang cocok adalah menjadi arsitek. Seorang arsitek profesional rancangan gambar rumah karyanya akan bernilai tinggi dan berharga mahal.

Beberapa faktor yang mempengaruhi gaji profesi ini adalah latar belakang studi, tingkat perusahaan, dan portofolio yang bersangkutan.

Bagi mahasiswa fresh graduate dan berkesempatan bergabung dengan perusahaan besar, perkiraan gaji standar yang bisa didapatkan mulai Rp4 juta sampai Rp5 juta. Setelah mempunyai pengalaman beberapa tahun, umumnya penghasilan arsitektur bisa mencapai Rp7 juta-an.

Kemudian untuk tingkat manajer, standar gajinya bisa menyentuh minimal Rp15 juta. Seorang arsitektur terkemuka dengan pengalaman berkarya yang panjang bahkan bisa menetapkan harga ratusan juta rupiah untuk jasa rancangan gedungnya.

3. Teknik Perminyakan
Sudah rahasia umum jika Teknik Perminyakan adalah jurusan kuliah IPA yang menjanjikan. Para alumni dari jurusan ini bisa mencari nafkah pada industri migas dan pertambangan yang memang banyak tersedia di Tanah Air.

Standar gaji paling sedikit Rp8 juta sampai Rp15 juta untuk pegawai yang baru lulus. Sementara sebagai karyawan senior berkesempatan mendapat gaji mulai Rp30 juta-an.

4. Teknik Sipil
Jurusan IPA SMA memang difavoritkan karena merupakan langkah awal untuk melanjutkan studi di prodi-prodi terkemuka perguruan tinggi. Salah satunya adalah Teknik Sipil yang memberi kesempatan mengantongi hingga belasan juta rupiah per bulan. Syaratnya proyek bangunan yang dikerjakan adalah proyek-proyek raksasa.

Tugas seorang Teknisi Sipil adalah membuat perencanaan, mendesain, serta memonitor konstruksi, struktur, dan fasilitas pada suatu proyek bangunan. Sebagai seorang junior yang baru menyelesaikan studi, fresh graduate akan mendapatkan gaji mulai Rp4 juta.

5. Farmasi
Profesi apoteker banyak difavoritkan calon mahasiswa karena dianggap ideal sebagai jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan. Sebagai apoteker kamu tidak perlu bekerja di luar ruangan yang seringkali melelahkan.

Jika berminat berkarir pada instansi pemerintah, bisa melamar di BPOM. Seperti yang kita ketahui badan ini berwenang menangani izin edar dan legalitas produk obat serta makanan.

Selain itu kamu juga bisa bekerja di lembaga pemerintah yang lain misalnya BPJS. Seorang apoteker di BPJS bisa meraup gaji bulanan mulai dari Rp2,5 juta hingga Rp16 juta-an sesuai posisi yang didudukinya.

Alternative lainnya adalah berkarir pada perusahaan nasional produsen obat seperti Mead Johnson, Kimia Farma, atau Kalbe Farma. Kisaran gaji yang dapat dikantongi per bulan adalah mulai Rp4 juta-an untuk karyawan junior.

6. Teknik Penerbangan
Menempuh studi pada jurusan ini membuka kesempatan bagi kamu untuk berprofesi sebagai teknisi pada industri maskapai penerbangan dalam dan luar negeri.

Bekerja sebagai teknisi pesawat juga memegang peranan yang tidak kalah penting selain pilot dan awak pesawat terbang lainnya. Ini karena mekanik pesawat memiliki tanggung jawab besar terkait keselamatan penerbangan.

Inilah alasannya profesi tersebut memerlukan pendidikan serta sertifikasi tertentu sesuai bidang kerja serta tipe pesawat yang nanti menjadi tanggung jawabnya.

Sebagai dasar dari profesi ini adalah pemahaman pada bidang elektronika serta mesin. Seorang fresh graduate umumnya akan mendapatkan gaji mulai dari Rp5 juta.

Selain daftar jurusan kuliah IPA dan penjelasannya mengenai kisaran gaji di atas, masih ada prodi lainnya yang juga menjanjikan gaji menggiurkan. Jurusan dimaksud adalah Ilmu Astronomi, Teknik Kimia, Teknik Nuklir, dan kehutanan.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2614 seconds (11.210#12.26)