Ini Rumus Excel yang Sering Digunakan Saat Kerja

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 11:21 WIB
loading...
Ini Rumus Excel yang Sering Digunakan Saat Kerja
Kemampuan menggunakan rumus Excel menjadi salah satu daftar skill yang harus dimiliki para pencari kerja. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dari sekian banyak kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja kemampuan menggunakan rumus Excel menjadi salah satu daftar skill yang harus dimiliki para pencari kerja. Berikut ini 8 rumus Excel yang sering digunakan saat kerja.

Meskipun saat ini sudah mulai banyak perangkat lunak spreadsheet lainnya namun Excel adalah software spreadsheet yang paling banyak digunakan oleh setiap orang di hampir setiap tugas dan juga pekerjaan.



Hampir semua pekerjaan di bidang penelitian, industri, statistik, keuangan dan akuntansi serta banyak bidang lainnya menggunakan perangkat lunak yang fungsi utamanya adalah untuk melakukan perhitungan ini.

Berikut ini beberapa rumus Excel yang sering dipakai di dunia kerja yang perlu diketahui mahasiswa yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. SUM
Rumus ini kerap dipakai untuk menjumlahkan angka-angka. SUM bisa digunakan untuk menambah data per cell serta data dalam satu maupun beberapa range sekaligus.

Rumusnya: =SUM(number1,number1) atau =SUM(number1:number2)

2. IF
Fungsi ini untuk membuat perbandingan logis antara nilai dan perkiraan. Sehingga, pernyataan IF dapat memiliki dua hasil. Hasil pertama jika perbandingan Benar dan hasil kedua jika perbandingan Salah.
Rumusnya: IF(nilai yang ingin dicari, [jika nilai sesuai mana Benar],[jika nilai tidak sesuai maka Salah].

3. COUNT
Rumus ini berfungsi untuk menghitung jumlah cell yang berisi angka.

Rumus COUNT: COUNT(value1,[value2],..]

4. AVERAGE
Rumus ini dipakai untuk mencari rata-rata dari data.
Berikut ini rumusnya: AVERAGE(klik cell pertama:klik cel terakhir) enter.

5. VLOOKUP
Kegunaan rumus ini adalah untuk mencari data di kolom paling kiri sebuah tabel data
Rumus VLOOKUP yang biasa dipakai adalah:VLOOKUP (Nilai yang ingin ditemukan : rentang cell yang nilainya dicari : nomor kolom : FALSE/TRUE)

6. HLOOKUP
Fungsi ini digunakan untuk menampilkan data dari susunan tabel dengan format horizontal. Cara pakainya dengan menggunakan rumus: HLOOKUP(lookup_value. tabel_array, row_index_num {range_lookup)

7. MATCH
Rumus ini selalu digunakan untuk menunjukan posisi relatif suatu item di tabel yang cocok dengan kondisi atau kriteria tertentu.
Rumusnya: MATCH(lookup_value,lookup_array,[match_type]).

8. ROUND
Rumus ini berfungsi digunakan untuk membulatkan angka ke angka desimal sesuai yang diinginkan. Rumusnya seperti ini: ROUND(number,num_digit)

Itulah beberapa rumus excel yang sering digunakan dalam dunia kerja. Namun masih banyak rumus Excel lagi yang bisa dipakai dengan berbagai fungsi untuk mempermudah pekerjaanmu.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)