Waspada Kejahatan Digital, Ini Tips Berinternet Sehat dan Aman dari Peneliti IPB

Senin, 01 November 2021 - 13:43 WIB
loading...
A A A
Tidak hanya itu, ia juga menyarankan supaya berhati-hati merespons email dari pengirim yang tidak dikenal (spam) dan tidak membuka link yang diberikan. Ia juga menyarankan supaya hati-hati menggunakan WIFI gratis yang tidak jelas.

“Kita perlu memilih aplikasi yang aman, dan tidak sembarang mengunduh file. Jangan mengakses konten ilegal, seperti pornografi, perjudian, rasisme, pelecehan SARA, dan aktifkan verifikasi dua langkah untuk mengamankan akun media sosial kita,” kata Adi Firmansyah.

Lebih lanjut, Adi mengatakan bahwa kelompok yang sangat rentan menjadi korban kejahatan digital adalah anak-anak. Oleh karena itu, orang tua perlu hadir untuk membimbing dan mengawasi putra-putrinya.

Adi memaparkan tips berinternet sehat yang perlu diketahui orang tua agar anak-anak terhindar dari kejahatan digital. Ia menerangkan supaya orang tua menyediakan waktu untuk berkomunikasi atau dialog secara terbuka dengan anak, dan memberikan informasi tentang risiko-risiko di ruang digital.

Ia juga menyarankan supaya orang tua bisa mendampingi anak saat mengakses internet, dan sebaiknya anak-anak mengakses internet di ruangan rumah yang terbuka.“Berikan edukasi kepada anak untuk berperilaku baik dan berikan anak ruang untuk berekspresi di ruang digital,” papar Adi.

Ia juga meminta para orang tua untuk memberitahu anak supaya melapor jika melihat atau mengalami masalah di internet.

Ia menyarankan agar orang tua bisa mengatur jadwal penggunaan internet, mengaktifkan pengaturan kontrol orang tua atau download Google Family Link, mengaktifkan Safe Search di Browser Google dan mengaktifkan Mode Terbatas pada YouTube.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)