Mengenal Jurusan Manajemen dan Prospek Kerja yang Menjanjikan

Rabu, 10 November 2021 - 14:08 WIB
loading...
A A A
Karena pada dasarnya, peminatan ini lebih cenderung dalam mengimplementasikan ide kamu sebaik mungkin agar bisa menarik konsumen. Di dalam peminatan ini, mahasiswa akan belajar beberapa mata kuliah. Seperti halnya berikut ini.
- Sistem informasi pemasaran
- Manajemen pemasaran internasional
- Seminar manajemen pemasaran
- Pemasaran relasional pelanggan
- Perilaku konsumen dan strategi pemasaran
- Pemasaran jasa
- Manajemen merek

3. Manajemen Operasi
Berbeda dengan yang lainnya, kalau peminatan yang satu ini adalah peminatan yang akan mempelajari tentang pemahaman atau cara pandang manajemen dari suatu proses melalui tools. Dengan kata lain, dalam peminatan manajemen operasi ini lebih menganalisa tentang cara peningkatan efektivitas dan efisiensi suatu sistem produksi.

Selama mendalami peminatan manajemen operasi, akan dijumpai beberapa mata kuliah berikut ini.
- Manajemen proyek
- Manajemen logistic
- Perencanaan dan pengendalian kualitas
- Seminar manajemen operasi

4. Manajemen Sumber Daya Manusi
Peminatan manajemen sumber daya manusia merupakan satu konsentrasi pada manajemen yang lebih cenderung ke dalam sumber daya manusia dan pengelolaan melalui teknik analisis fisik dan psikologis. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengontrol kondisi internal dan kredibilitas dari suatu perusahaan.

Pada konsentrasi ini, mahasiswa akan menemui beberapa mata kuliah di bawah ini.
- Sistem informasi manajemen sumber daya manusia
- Perencanaan SDM dan MSDM Internasional
- Seminar manajemen sumber daya manusia & organisasi
- Manajemen potensi sumber daya manusia
- Perencanaan karier dan pengembangan diri

Prospek Kerja Jurusan Manajemen
1. Dosen
Seperti jurusan lain, jurusan manajemen tentunya akan memberikan peluang menjadi dosen. Dosen ini tentunya harus menuntutmu menjadi seorang pendidik yang memiliki kemampuan tinggi.

Seorang dosen tentunya harus kompeten karena dituntut menyampaikan ilmu untuk para mahasiswa. Untuk gaji, memang gaji pokok dosen tidak terlalu tinggi dibanding profesi lain namun dosen juga akan mendapatkan beberapa tunjangan lainnya.

2. Konsultan Bisnis
Bukan menjadi suatu rahasia lagi, bila jurusan manajemen pasti akan mencetak para konsultan bisnis. Konsultan bisnis ini tentunya akan dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Sehingga bisa dipastikan bahwa peluang menjadi konsultan bisnis pasti sangat dibutuhkan setiap saat. Terlebih gaji yang ditawarkan juga sangat menggiurkan.

3. Ahli Perbankan
Tidak hanya seputar bisnis, jurusan manajemen juga sangat dibutuhkan di dunia perbankan. Peluang kerja di dunia perbankan ini sangat terbuka lebar untuk lulusan manajemen. Tidak dipungkiri, jika bekerja sebagai pegawai ahli pada dunia perbankan, maka gaji yang bisa dikumpulkan mulai belasan hingga puluhan juta.

4. Ahli pemasaran
Kebutuhan pemasaran memang tidak akan pernah ada habisnya. Setiap perusahaan dan kegiatan bisnis pasti membutuhkannya. Lulusan manajemen tentunya sangat berpeluang dalam berprofesi sebagai ahli pemasaran ini. Dengan menjadi ahli pemasaran, semakin banyak berhasil memprospek pemasaran produk, semakin banyak penghasilan yang akan didapat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2026 seconds (0.1#10.140)