5 Tips untuk Kembangkan Potensi yang Mahasiswa Perlu Tahu

Jum'at, 12 November 2021 - 22:44 WIB
loading...
A A A
Dengan melakukan langkah ini, kamu bisa memberikan sedikit kejutan pada diri sendiri. Kamu akan mampu mendorong dirimu ke luar dari zona nyaman secara perlahan-lahan. Siapa tahu, proses tersebut akan membuatmu lebih mudah untuk menemukan potensi yang awalnya tersembunyi di dalam dirimu.

3. Carilah Inspirasi Sebanyak Mungkin

Setiap manusia sebenarnya telah dibekali beragam ide dan potensi dalam dirinya. Namun, karena satu dan lain hal, banyak orang yang sulit untuk menuangkan ide-ide tersebut. Salah satu masalah yang paling umum dihadapi adalah kurangnya inspirasi.

Masalah ini bisa kamu akali dengan berbagai cara karena inspirasi bisa datang dari mana saja. Agar tak kesulitan memulai, kamu bisa mencarinya dari hal-hal terdekat atau yang paling kamu sukai. Inspirasi yang telah didapat bisa kamu kelola dan modifikasi menjadi sebuah ide baru tanpa meniru ide-ide yang telah ada sebelumnya.

4. Sempurnakan Motivasi

Hampir semua orang pernah berada di titik rendah kehidupannya sehingga membuat mereka tidak ingin melakukan apa pun, bahkan melupakan tujuan yang ingin dicapai sejak awal. Masalah yang menjadi penyebabnya bisa beragam, mulai dari masalah personal hingga masalah yang melibatkan hubungan dengan orang lain.

Namun, kamu harus memahami jika potensi diri baru bisa berkembang dengan motivasi yang sejalan. Jika saat ini kamu tengah merasa kehilangan motivasi karena satu dan lain hal, berusahalah untuk tidak telalu lama larut dalam keadaan. Cari kembali motivasi yang hilang dengan berbagai cara, entah itu dengan berjuang bersama teman atau mengingat kembali akan tujuan awal. Dengan menyempurnakan motivasi, potensi diri pun akan lebih mudah untuk tumbuh.

5. Bersikaplah Open-Minded terhadap Saran dan Kritik

Langkah terakhir yang tidak kalah penting adalah bisa menerima segala saran dan kritik dari luar. Membuka pikiran akan saran dan kritik dari orang lain sangat diperlukan, terutama jika mereka adalah orang-orang yang dianggap penting dalam kehidupanmu. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui letak kekurangan dan kesalahan yang ada dalam proses pengembangan potensi.

Anggaplah semua saran dan kritik itu adalah hal positif untuk bekal di masa depan. Jika dianggap cukup membangun, pendapat orang lain bisa dijadikan bahan introspeksi diri. Namun, jika kritik mereka dirasa tidak berpengaruh positif terhadap potensi yang sedang dikembangkan, kamu tetap harus menanggapi dengan bijak tanpa harus menghambat prosesnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1440 seconds (0.1#10.140)