Mudah, Begini Cara Mengecek Kuota Internet Gratis Kemendikbudristek

Jum'at, 19 November 2021 - 07:07 WIB
loading...
Mudah, Begini Cara Mengecek Kuota Internet Gratis Kemendikbudristek
Pelajar mengecek kuota internet gratis Kemendikbudristek. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Begini cara mengecek kuota internet gratis Kemendikbudristek dengan mudah sesuai kartu. Sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19 sejak awal 2020 yang membuat segala kegiatan dilakukan melalui jarak jauh. Pemerintah, melalui Kemendikbudristek pun memberikan bantuan kuota gratis bagi para pelajar dan pengajar.

Untuk memberikan bantuan kuota gratis bagi seluruh pelajar dan pengajar di Indonesia, pemerintah sudah menyiapkan dana hingga triliunan. Pelajar yang mendapatkan bantuan kuota pemerintah mulai dari PAUD, SD, hingga jenjang perguruan tinggi.



Untuk PAUD, pemerintah memberikan kuota gratis sebesar 7 GB/bulan, SD–SMA mendapat kuota gratis sebesar 10 GB/bulan, Tenaga pengajar dari PAUD hingga SMA mendapat bantuan sebesar 12 GB/bulan. Dan untuk dosen serta mahasiswa mendapat bantuan kuota gratis sebesar 15 GB/Bulan.

Guna menghindari penyalahgunaan bantuan kuota gratis yang diberikan pemerintah, paket kuota yang diberikan hanya dapat diakses untuk keperluan layanan pembelajaran, dan beberapa situs yang diizinkan Kominfo. Situs-situs layanan hiburan, dan situs yang diblokir oleh Kominfo tidak akan bisa diakses melalui bantuan kuota gratis dari pemerintah.

Pendaftaran bantuan kuota gratis pemerintah, biasanya diatur oleh masing-masing institusi. Mereka akan meminta para pendidik, dan pengajar untuk mendaftar dengan mengisi beberapa informasi data diri dan nomor telfon yang ingin didaftarkan melalui link yang telah diberikan.



Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan, distribusi kuota gratis bagi para pelajar dan pendidik akan dilakukan setiap tanggal 11-15 setiap bulannya. Masa aktif kuotanya juga ditentukan untuk satu bulan dari awal penerimaan kuota.

Pelajar, dan pendidik bisa mengecek Kuota Internet gratis dari Kemendikbudristek dengan mudah sesuai dengan kartu yang dipakai.

1. Telkomsel
Bagi pelajar dan pendidikan yang menggunakan kartu Telkomsel, bisa dengan mudah mengecek apakah bantuan kuota gratis yang diberikan pemerintah sudah diterima atau belum dengan hubungi *888# atau mengecek melalui sms dan aplikasi Mytelkomsel.

2. Axis dan XL
Untuk kamu yang menggunakan kartu Axis dan XL, bisa dengan mudah mengecek melalui aplikasi myXL dan AxisNet atau hubungi *123# untuk memastikan bantuan kuota gratis pemerintah telah kamu terima.

3. Smartfren
Untuk pengguna SmartFren kamu bisa langsung mengecek kuota gratis dari pemerintah melalui aplikasi MySmartfren, melalui SMS dengan mengirim format “Cek” ke 995, atau langsung hubungi *995#.

4. Indosat
Bantuan kuota melalui kartu Indosat dapat diakses melalui USSD *123*075#, dan aplikasi MyIM3.

5. Tri (3)
Bagi pengguna kartu tri, kamu bisa langsung mengecek kuota bantuan pemerintah dengan menghubungi USSD *123*10*3#. Bisa juga melalui sms dengan format “INFO KUOTA” kemudian kirim ke 234. Dan dapat mengakses melalui aplikasi Bima+.

Itu dia informasi cara mengecek kuota internet gratis Kemendikbudristek. Semua pelajar, dan tenaga pendidikan pasti akan mendapatkan bantuan kuota internet gratis apabila memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh Kemendikbudristek.

Pastikan juga informasi data diri, dan nomor telepon yang dicantumkan sesuai dan tidak ada kesahalan, sehingga bantuan kuota internet gratis dari Kemendikbudristek dapat segera diterima.

Ponsel yang kamu gunakan juga pastikan merupakan jenis Smartphone yang dapat mengakses internet dan mendukung berbagai aplikasi pembelajaran serta dijaga agar tehindar dari segala risiko kerusakan yang menyebabkan handphone kamu tidak dapat digunakan.

(MG04-Bunaya Putri Zulfikar)
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)