Konsistensi Animakini FSRD IKJ, Semangat Mengeksplorasi dan Berkolaborasi

Jum'at, 19 November 2021 - 06:53 WIB
loading...
Konsistensi Animakini FSRD IKJ, Semangat Mengeksplorasi dan Berkolaborasi
Berlangsung secara virtual, Animakini yang digelr FSRD IKJ, tahun ini dihelat mulai 18 - 20 November 2021. foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Insitut Kesenian Jakarta (IKJ) kembali menghadirkan perhelatan Animasi Cikini (Animakini). Mengusung tema “Eksplorasi dan Kolaborasi”, Animakini konsisten menghadirkan seminar akademik, seminar industri, talkshow kreator animasi berprestasi, dan lomba animasi karya Tugas Akhir (TA) kategori pelajar dan mahasiswa.

baca juga: FSRD IKJ Gelar Workshop Memotret Memakai Kamera Ponsel dengan Hasil Maksimal

Berlangsung secara virtual, Animakini tahun ini dihelat mulai 18 - 20 November 2021. Seminar Akademik sebagai rangkaian kegiatan puncak Animakini dibuka langsung Rektor IKJ, Dr Indah Tjahjawulan, MSn. “Selamat untuk pelaksanaan Animakini 2021. Selalu bersemangat bereksplorasi dan berkolaborasi untuk Animasi Indonesia,” kata Rektor IKJ saat membuka acara, kemarin.

Setelah lima tahun penyelenggaraan Animakini 2017-2020, banyak memberikan catatan menggembirakan dalam memberikan ruang tayang terhadap perkembangan animasi Indonesia, baik dari segi prestasi di pendidikan, dan sumber daya manusia (SDM) di bidang animasi secara personal maupun sebagai sebuah industri produk intelectual property, jasa animasi, serta distribusinya.

baca juga: Dekan FSR IKJ Ungkap Tantangan di Tengah Pandemi COVID-19

Dekan FSRD IKJ Anindyo Widito mengungkapkan, Animakini menjadi penghubung antara kreator dengan pemirsanya melalui seminar akademik terkait dengan riset dan kajian penelitian animasi, motion dan desain. Kemudian seminar industri menampilkan perkembangan dari studio-studio animasi yang menampilkan karya-karya terbarunya.

Melalui talkshow, Animakini memberikan ruang berbagi bagi kreator, dan tokoh inspiratif berprestasi untuk berbagi pengalaman dalam proses berkarya. Kemudian, ada kompetisi dan nonton bareng karya animasi pelajar dan mahasiswa untuk menggerakkan motivasi mereka dalam berkarya dan berapresiasi. Begitu juga kolaborasi kerja antar kampus, dan studio animasi untuk menghasilkan karya animasi mulai terlihat.

baca juga: Mural Karya Seniman IKJ Bakal Hiasi Kolong Jembatan Pegangsaan

“Di masa pandemi ini, di media televisi banyak bermunculan iklan-iklan keren yang menggunakan teknik animasi karya kreator studio-studio animasi dalam negeri. Dalam perkembangan penayangan animasi Indonesia di kanal Youtube dan Over The Top (OTT) mulai beragam karya animasi ditayangkan,” kata Anindyo.

“Walaupun di masa pandemi, pada pagelaran Festival Film Indonesia (FFI) 10 November 2021 lalu, kategori animasi sudah diberikan kesempatan dua kategori, yaitu Animasi Pendek dan Animasi Panjang, yang memberikan peluang karya animasi Indonesia semakin diapresiasi masyarakat,” sambung Anindyo.

Sebelumnya acara puncak Animakini 2021, telah berlangsung rangkaian menuju Animakini 2021, di antaranya Sharing Mahasiswa dan Pengajar Berprestasi dari Prodi DKV FSRD IKJ, Sharing Karya Tugas Akhir dari Lulusan Multimedia DKV FSRD IKJ yang membuat karya animasi, serta workshop dari pengajar Multimedia DKV FSRD IKJ yang juga menjadi praktisi dalam kesehariannya.

Bahkan, meski kondisi pandemi, Animakini tetap berlangsung secara virtual sejak 2020, dengan menampilkan kegiatan seminar akademik, industri animasi, sharing session, workshop, dan nobar kolaborasi animasi Indonesia yang diikuti para pengajar DKV, multimedia dan animasi dari beberapa kota di Indonesia bekerja sama dengan Asosiasi Industri Animasi Indonesia (AINAKI), dan ditutup dengan kolaborasi nonton bareng animasi 2D dan 3D tingkat pelajar dan mahasiswa.
(hdr)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1378 seconds (11.252#12.26)