Calon Mahasiswa Harus Tahu, Ini 8 Jalur Masuk Perguruan Tinggi di Indonesia

Selasa, 23 November 2021 - 17:52 WIB
loading...
A A A
Kuota Peserta Diterima
Untuk UTBK SBMPTN setiap PTN perlu menyediakan minimal 40% dari kuota mahasiswa baru yang disediakan. Penyeleksiannya pun dilakukan dengan melihat hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan oleh PTN. Tingkat persaingan pada jurusan yang dipilih juga akan mempengaruhi peluang untuk lolos di jalur ini.

Pilihan Program Studi
Pada jalur UTBK SBMPTN, peserta diperbolehkan memilih 2 prodi dari 1 PTN atau 2 PTN. Untuk yang mengambil IPC, bisa memilih 3 jurusan.

Materi yang Diujikan
- Tes Potensi Skolastik (TPS): Penalaran Umum, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, dan Pengetahuan Kuantitatif.
- TKA Saintek: Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi
- TKA Soshum: Ekonomi, Geografi, Sosiologi, Sejarah

Perkiraan Jadwal Pendaftaran
Proses penerimaan melalui jalur UTBK SBMPTN kemungkinan akan dilakukan di sekitar Mei–Juni.

3. Seleksi Mandiri
Selain SNMPTN dan UTBK SBMPTN, beberapa PTN juga tetap membuka jalur masuk melalui Seleksi Mandiri, seperti SIMAK UI, UM UGM, SMUP Unpad, dan sebagainya. Jalur ini diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN secara independen.

Proses Seleksi
Proses seleksi pada jalur mandiri ini akan berbeda-beda untuk setiap PTN. Maka pelamar harus mencari tahu lebih detail di website resmi PTN. Beberapa PTN ada yang menggunakan ujian tulis untuk proses seleksi. Namun, ada juga PTN yang membuka seleksi tanpa tes lagi dan hanya melihat nilai UTBK dari calon mahasiswa.

Kuota Peserta Diterima
Walaupun jalur ini kerap menjadi ‘kesempatan terakhir’ bagi para calon mahasiswa, namun kuota yang disediakan mencapai maksimum 30% dari keseluruhan kuota daya tampung PTN.

4. SNMPN
SNMPN atau Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri adalah seleksi jalur undangan khusus untuk calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau politeknik dan politani di seluruh Indonesia.

Politeknik adalah sekolah tinggi yang hanya menyelenggarakan pendidikan Vokasi atau Diploma. Vokasi sendiri adalah pendidikan yang ilmunya lebih menjurus dan fokus pada suatu kualifikasi atau keahlian.

Berbeda dengan universitas yang lebih banyak memberi materi berupa teori, politeknik lebih fokus untuk mengajarkan keterampilan dan ilmu-ilmu terapan melalui praktik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3874 seconds (0.1#10.140)