Ini 7 Tips Agar Siswa Bisa Konsentrasi Belajar

Rabu, 24 November 2021 - 13:09 WIB
Ini 7 Tips Agar Siswa Bisa Konsentrasi Belajar
Seorang siswa Sekolah Dasar Islam Al Azhar 46 Grand Depok City (GDC) belajar buku antariksa bersama adiknya yang masih duduk di PAUD. Foto/Purwadi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Untuk mendapat nilai bagus atau ketika sedang mengerjakan tugas diperlukan konsentrasi belajar namun kadang tidak semua pelajar atau mahasiswa bisa fokus konsentrasi. Ada saja distraksinya sehingga proses belajar pun terganggu.

Apalagi di masa pandemi seperti ini, dinamika belajar pun berubah di mana proses belajar lebih banyak dilakukan di rumah dengan mengandalkan teknologi. Kadang sinyal internet yang turun naik membuat rusak mood belajar atau karena kebanyakan di rumah malah membuat bosan sehingga tidak mau meneruskan belajar.

Baca juga: Calon Mahasiswa Harus Tahu, Ini 8 Jalur Masuk Perguruan Tinggi di Indonesia

Bagi siswa yang akan mengikuti Penilaian Akhir Semester (PAS) harus konsentrasi belajar agar nilai yang diraih memuaskan. Lalu, bagaimana agar proses belajar bisa berjalan tenang dan maksimal? Melansir laman Ruang Guru di ruangguru.com, Rabu (24/11/2021), simak tips-tips berikut ini agar bisa lebih konsentrasi dalam belajar.



1. Pilih tempat yang sesuai untuk belajar
Sebelum mulai belajar, pilihlah tempat belajar yang menurutmu paling nyaman. Jika gampang terdistraksi dengan sesuatu maka pilih ruang yang jauh dari gangguan seperti di dalam kamar. Pastikan juga kamarnya ada penerangan atau pencahayaan yang baik agar tidak mengganggu penglihatan.

Jangan lupa pastikan kembali sinyal internet untuk mengunggah, mengunduh atau menonton materi pembelajaran yang harus ditonton online.

Baca juga: 5 Tanda Anak Cerdas Secara Emosional, Orang Tua Wajib Tahu

2. Tidak membuka sosial media atau game saat belajar
Peringatan kepada diri sendiri agar tidak membuka sosial media atau game saat belajar itu penting sekali agar konsentrasi belajar meningkat. Tidak hanya saat belajar, namun tidak membuka sosmed atau ngegame saat istirahat pun sebaiknya jangan dilakukan karena ujung-ujungnya pasti akan lupa waktu karena keasikan main gawai daripada belajar. Lebih baik lagi, matikan dulu sosmed ketika belajar dan aktifkan lagi ketika selesai belajar.

3. Rapikan meja atau area belajarmu
Ruang belajar yang bersih dan rapi dan meja belajar yang tidak sumpek bisa meningkatkan mood belajar. Agar ada ruang cukup, pindahkan barang yang tidak dibutuhkan ketika proses belajar berlangsung.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1430 seconds (10.101#12.26)