SNMPTN 2022 akan Digelar, Simak 5 Tips Memilih Jurusan yang Tepat

Jum'at, 03 Desember 2021 - 17:37 WIB
loading...
A A A
Cari informasi mulai dari mata kuliah, lokasi kampus atau kalau menargetkan PTN di luar kota, bisa sekalian cari tahu tempat tinggal di dekat kampus. Reputasi kampus, tenaga pengajarnya, ikatan alumni, biaya pendidikan.

Kenapa biaya pendidikan perlu diketahui juga semakin bisa bertanggung jawab menyelesaikan kuliah dengan baik dan IPK yang baik. Bisa jadi kebanggaan orang tua yang sudah membiayai. Selanjutnya prospek karier.

Selain itu juga bisa menggali informasi kuota di PTN tersebut, jurusan yang diminati dan jurusan yang jarang diminati sehingga bisa mendapat bayangan peluang untuk memilih jurusan yang dituju.

3. Konsultasi dengan Orang Dekat
Perlu juga tanya pendapat orang tua mengenai pilihan. Diskusikan pilihan jurusan kuliah bisa juga dengan ahlinya, terdekat di sekolah bisa sama guru BK. Boleh juga cerita dengan teman seperjuangan, tapi jangan sampai ikut-ikutan memilih jurusan yang sama dengan teman karena memilih jurusan harus sesuai dengan minat dan bakat sendiri-sendiri.

4. Memahami Konsekuensi Pilihan
Mengetahui konsekuensi dari pilihan jurusan kuliah yang dipilih itu penting. Calon mahasiswa harus bisa melihat sisi positif dan negatifnya, supaya dapat menentukan pilihan yang tepat dan tidak merasa salah jurusan.

5. Cari Tahu Peluang Bidang Kerja
Pastinya setelah lulus, kamu ingin menghasilkan uang sendiri, dapat pekerjaan sesuai jurusan kuliah dan passion sehingga dapat menyatakan mandiri secara finansial tanpa membebani orang tua lagi. Alangkah baiknya setelah mengetahui minat dan bakat, cari tahu sebanyak mungkin peluang pekerjaan setelah lulus kuliah nanti.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1477 seconds (0.1#10.140)