Ingat-ingat, Ini 7 Kegiatan yang Dapat Menurunkan IQ Kalian

Kamis, 09 Desember 2021 - 17:01 WIB
loading...
A A A
4. Maraton Tayangan Serial
Meski belum konklusif, ada sebuah studi di Austria yang menemukan, para partisipan yang menonton serial televisi memiliki hasil tes pengetahuan umum yang lebih buruk, ketimbang mereka yang tidak menontonnya.

Psikolog lainnya, Joanna Cantor mengatakan bahwa apa yang dilihat dan dipikirkan oleh seseorang baru-baru ini, berada di level kesadaran yang tinggi. Jadi, otak manusia cenderung ke arah itu.

5. Ketergantungan pada Google
Mengakses Google memang tidak mempengaruhi IQ secara langsung. Tetapi, ketergantungan terhadapnya membuat manusia tidak lagi bergantung pada memori dengan cara yang sama.

6. Terlalu Banyak Konsumsi Gula
Mengonsumsi fruktosa (yang merupakan gula) dari tumbuhan dan buah-buahan secara berlebihan, bisa memperlambat otak. Demikian yang ditemukan dalam sebuah studi tahun 2012 di UCLA.

Seorang pakar Gizi Medis, Dr. Sarah Brewer mengingatkan, sel otak memang butuh glukosa agar bisa berfungsi. Tetapi, mengonsumsinya terlalu banyak di waktu yang singkat bisa mengakibatkan seseorang hiperaktif akibat gula. Di samping itu, hal ini juga bisa menyebabkan seseorang merasa kelebihan beban.

Meski begitu, asam lemak omega-3 dapat menetralkan efek ini dengan cara melindungi jalur kimiawi di otak dari kerusakan.

7. Makan Permen Karet Sambil Berjalan
Makan permen karet dapat mendistraksi seseorang dari kegiatan yang melibatkan memori jangka pendek, contohnya mempertahankan urutan sesuatu.

"Saat seseorang mengunyah permen karet selama berjam-jam. hal ini bisa menyebabkan masalah distraksi. Segera setelah rasa (permen karet) itu hilang, saya sarankan segera buang," kata ahli Gizi Medis, Sarah Brewer. Itu dia sederet kegiatan yang bisa menurunkan IQ.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2707 seconds (0.1#10.140)