Cegah Serangan, Nizam: Talenta Digital Bidang Keamanan Siber Harus Disiapkan

Jum'at, 17 Desember 2021 - 13:53 WIB
loading...
Cegah Serangan, Nizam: Talenta Digital Bidang Keamanan Siber Harus Disiapkan
Peresmian Cyber Security Hub di Solo Techno Park Kamis, (16/12). Foto/Dok Kemendikbudristek
A A A
JAKARTA - Pelaksana tugas Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek Nizam bersama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Rektor Universitas Sebelas Maret Jamal Wiwoho telah meresmikan penggunaan fasilitas Cyber Security Hub di Solo Techno Park.

Nizam menjelaskan, pembangunan fasilitas Cyber Security Hub ini merupakan upaya akselerasi pembentukan talenta digital di bidang keamanan siber. Hal ini dilakukan karena kebutuhan SDM di bidang keamanan siber sangat besar namun lulusan dengan kompetensi keamanan siber masih sangat terbatas.



“Kebutuhan akan ahli, pakar, maupun teknisi yang memiliki kompetensi di bidang keamanan siber sangat besar. Perlu akselerasi melalui berbagai pelatihan maupun program sertifikasi untuk penyiapan talenta digital bidang keamanan siber," katanya melalui siaran pers, Jumat (17/12/2021).

Lebih lanjut Nizam menjelaskan, semakin masifnya penggunaan internet di setiap lini kehidupan juga meningkatkan jumlah kejahatan di dunia maya. Nizam mengungkapkan, setiap hari terjadi jutaan serangan siber baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Kondisi ini tentunya membutuhkan SDM yang kompeten di bidang keamanan siber untuk menangkal dan mengatasi berbagai bentuk untuk kejahatan di dunia maya.



Nizam memandang fasilitas Cyber Security Hub yang dibangun di Solo Techno Park ini memiliki 3 fungsi penting. Pertama, sebagai sarana edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya keamanan data dan informasi di dunia maya.

Kedua, sebagai sarana pelatihan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia di bidang keamanan siber. Ketiga, sebagai sarana riset dan pengembangan inovasi di bidang keamanan siber.

“Tahun ini ada 10.000 talenta-talenta digital yang telah dihasilkan melalui pelatihan baik daring maupun luring. Kita proyeksikan meningkat di tahun-tahun mendatang," ungkap Nizam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)