Diikuti 59 Negara, 6 Siswa SMP Borong 6 Medali pada Olimpiade Sains di UEA

Rabu, 22 Desember 2021 - 12:44 WIB
loading...
Diikuti 59 Negara, 6 Siswa SMP Borong 6 Medali pada Olimpiade Sains di UEA
Sebanyak 6 siswa terbaik jenjang SMP berhasil meraih 6 medali dalam ajang International Junior Science Olympiad (IJSO) di Uni Emirat Arab. Foto/Dok/Puspresnas
A A A
JAKARTA - Sebanyak 6 siswa terbaik jenjang SMP berhasil membawa pulang 6 medali dalam ajang International Junior Science Olympiad (IJSO) yang berlangsung di Uni Emirat Arab, 12-21 Desember 2021.

Dua medali perak persembahkan oleh Jack Howard dari SMP Darma Yudha Pekanbaru dan Tharfi Thufail Qays Al Hakim, dari SMP Al Muttaqin, Tasikmalaya. Sedangkan 4 medali perunggu diraih oleh Refa Nurtantiawati dari SMPN 2 Pangkalpinang, I Kadek Andhika Ary Wiguna dari SMPN 6 Denpasar, Harlbert Mayer Hsia dari SMP Witama Nasional Plus Pekanbaru, dan Hisyam Najamudin dari SMPN 1 Lamongan.

Baca juga: Keren, Siswa Madrasah Ini Sabet 5 Medali pada Olimpiade Sains dan PAI Nasional 2021

Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada para peraih medali tersebut. "Kami bangga adik-adik bisa menjadi juara IJSO 2021. Kalian memang para juara yang sudah menunjukan prestasi dan sudah mempersiapkan diri selama 2 bulan,” katanya melalui siaran pers, Rabu (22/12/2021).

“Saya juga melihat acara awarding dan kalian telah bersaing dengan peserta dari 59 negara lainnya. Prestasi yang sungguh membanggakan. Saya mengucapkan selamat dan terima kasih atas prestasi kalian yang masih sangat muda tapi sudah menjadi harapan kami di masa depan," puji Asep.

Asep juga turut memberi mengucapkan terima kasih pada para pembina, guru, sekolah dan orang tua atas dedikasi mereka mendukung para siswa hingga meraih medali di IJSO.

Baca juga: Rektor UI Kembali Lantik 4 Dekan, Lokomotif Menuju Transformasi UI

"Kami juga tengah mempersiapkan sebuah program yang mendukung impian adik-adik. Kami ingin memberikan kalian seluas-luasnya untuk mengecap pendidikan dan mewujudkan mimpi. Satu tahap telah dilalui. Nanti lewat program yang tengah disusun, kami arahkan adik-adik untuk mendaftar di Perguruan Tinggi unggul dunia. Adik-adik harus punya semangat untuk terus berprestasi," imbuh Asep.

Secara keseluruhan Supervisor peserta IJSO, Dr. Budhy Kurniawan dan Dr. Ahmad Ridwan, mengatakan para siswa telah melakukan persiapan secara maksimal. "Saya salut dengan anak-anak telah bekerja keras dalam waktu persiapan dua bulan. Kami mempersiapkan mereka materi yang sesuai dengan silabus IJSO," jelas Budhy Kurniawan memuji kerja keras 6 anak didiknya.

Menurut Budhy Kurniawan, soal yang muncul tahun ini sudah sesuai prediksi, namun tingkat kesulitannya memang sangat tinggi. Sementara menurut Dr. Ahmad Ridwan kondisi pelaksanaan IJSO berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2187 seconds (10.101#12.26)