7 Profesi yang Bisa Ditekuni Lulusan Jurusan Bisnis Internasional

Jum'at, 24 Desember 2021 - 14:14 WIB
loading...
A A A
4. Konsultan Valuta Asing
Tugas utama profesi ini adalah memberi pandangan kepada perusahaan tentang masalah investasi internasional yang dilakukan. Pada praktiknya, konsultan valuta asing akan meneliti nilai tukar, menganalisis tren pasar, menjadi komunikator handal, tenaga penjualan, dan mampu merekrut klien.

Profesi konsultan valuta asing biasanya bisa kita temui di perusahaan internasional, startup, ataupun perusahaan lokal yang bergerak di bidang investasi.

5. Analis Anggaran
Tugas utama profesi ini adalah untuk mengembangkan rencana pengeluaran berbagai jenis institusi mulai dari bisnis, sekolah, universitas, hingga lembaga pemerintahan. Untuk melakukan hal ini, analis anggaran akan melihat pengeluaran masa lalu supaya saran mereka tepat dan memang benar-benar dibutuhkan perusahaan.

Pengetahuan akademik tentang ilmu International Business bukan satu-satunya kemampuan yang diharapkan digunakan dalam pekerjaan ini. Seorang Analis Anggaran juga sebaiknya memiliki skill dalam hal melakukan riset, analisis, dan melakukan komunikasi.

6. Profesor Bisnis
Bagi yang senang dengan dunia pendidikan, lulusan International Business Management bisa menjadi profesor di perguruan tinggi. Namun, untuk menggapai posisi ini perlu melanjutkan pendidikan sampai jenjang doktorat. Selain mengajar, kamu juga bisa berkontribusi terhadap dunia bisnis melalui artikel ilmiah dan jurnal penelitian.

7. Manajer Keuangan atau Akuntan
Meskipun dari latar belakang pendidikan, profesi ini sebenarnya tidak membutuhkan kemampuan akademik lulusan bisnis internasional. Namun, dari segi kemampuan manajemen, kamu bisa menjadi manajer keuangan atau akuntan di sebuah perusahaan. Dalam praktiknya, profesi ini bahkan membutuhkan analisis secara umum tentang potensi sebuah bisnis.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1422 seconds (0.1#10.140)