Ini Rahasia Finlandia Jadi Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Senin, 27 Desember 2021 - 23:40 WIB
loading...
A A A
Meskipun tetap dikenakan biaya, tetapi masih ada cara untuk mendapat subsidi bantuan. Biaya yang dibebankan pada masing-masing keluarga berdasarkan pada pendapatan dan jumlah anak. Program ini jelas yang populer, karena tingkat pendaftaran Finlandia untuk anak-anak usia 3 hingga 5 hampir 80 persen.

2. Pendidikan Dasar (dengan konsumsi gratis)
Ketika anak berusia 7 tahun, usia itu dianggap tepat untuk memulai pendidikan dasar. Finlandia tidak membagi pendidikan dasarnya menjadi sekolah dasar dan menengah pertama. Sebaliknya, ia menawarkan pendidikan struktur tunggal selama sembilan tahun, 190 hari per tahun.

Badan Nasional Pendidikan Finlandia, yang menetapkan persyaratan kurikulum inti, menjelaskan tujuannya untuk pendidikan dasar adalah "untuk mendukung pertumbuhan murid menuju kemanusiaan dan keanggotaan masyarakat yang bertanggung jawab secara etis dan untuk memberi mereka pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan."

Seperti halnya early childhood education and care (ECEC), pembuat kebijakan menyisakan banyak ruang bagi administrator dan guru sekolah setempat untuk merevisi dan mengubah kurikulum untuk memenuhi kebutuhan siswa mereka yang unik.

Hal ini mencakup tes apa saja yang harus diberikan, cara mengevaluasi kemajuan dan kebutuhan siswa, bahkan kemampuan untuk mengatur jadwal harian dan mingguan. Dan benar, untuk konsumsi memang gratis, karena sudah termasuk dari bagian kurikulum sekolah.

3. Pendidikan Menengah Atas di Finlandia
Setelah pendidikan dasar, anak-anak berhak memilih untuk melanjutkan ke pendidikan menengah atas. Meskipun tidak wajibkan, 90 persen siswa segera memulai studi menengah atas setelah sekolah dasar.

Karena pengabdian Finlandia tidak ada hentinya, 10 persen lainnya dapat memilih untuk kembali ke pendidikan mereka nanti tanpa biaya.

Pendidikan menengah atas dibagi menjadi dua jalur utama, yaitu umum dan kejuruan. Keduanya memakan waktu sekitar tiga tahun. Pendidikan umum mengambil bentuk pekerjaan saja, tetapi siswa memiliki banyak kebebasan untuk memutuskan jadwal belajar mereka.

Pada akhir jurusan umum, siswa mengikuti ujian matrikulasi nasional, satu-satunya ujian standar Finlandia. Skor mereka digunakan sebagai bagian dari aplikasi kuliah mereka.

Pendidikan kejuruan lebih fokus pada pekerjaan dan menggabungkan magang serta pembelajaran di sekolah. Sekitar 40 persen siswa memulai pendidikan kejuruan setelah sekolah dasar. Jalur ini berakhir dengan kualifikasi berbasis kompetensi setelah siswa menyelesaikan rencana studi individu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2134 seconds (0.1#10.140)