Ini Rahasia Finlandia Jadi Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Senin, 27 Desember 2021 - 23:40 WIB
loading...
A A A
Perlu dicatat bahwa siswa tidak tertahan di jalur ini. Sebagai bagian dari pengabdian Finlandia pada pendidikan dan pengambilan keputusan, keduanya fleksibel sehingga siswa dapat menemukan minat baru atau membuat jalur yang menghubungkan keduanya.

4. Pendidikan Tinggi dan Seterusnya
Untuk pendidikan yang lebih tinggi, hal itu tidak perlu dikhawatirkan. Karena sama seperti sekolah dasar dan sekolah menengah atas, pendidikan tinggi bersifat gratis. Siswa hanya diwajibkan untuk membayar buku, transportasi, dan perlengkapan sekolah lainnya. Tidak perlu khawatir, bantuan keuangan siswa sudah tersedia.

Akademi Finlandia dibagi menjadi dua jenis, yaitu universitas dan universitas ilmu terapan. Universitas fokus pada penelitian ilmiah, sementara universitas ilmu terapan menekankan pada praktik dan cara mengaplikasi.

Siswa biasanya menerima gelar sarjana dalam studi penuh waktu empat tahun, yang terdiri dari studi, pilihan, dan proyek. Gelar Master memakan waktu lima hingga enam tahun, dan setelahnya siswa langsung diterima untuk menempuh jenjang master.

Tidak mengherankan jika Finlandia mendukung pendidikan orang dewasa yang kuat untuk mempromosikan kesetaraan sosial dan tenaga kerja yang kompeten. Perusahaan dapat membeli untuk pengembangan staf, dan pelatihan tenaga kerja disediakan untuk para penganggur. Meski pun tidak gratis, pendidikan orang dewasa sangat disubsidi dengan biaya tergantung pada keadaan pribadi.

Selain mengabadikan hak atas pendidikan dalam konstitusi mereka, rakyat Finlandia menghargai pendidikan dan meluangkan waktu untuk membangun sistem yang menganut penelitian pendidikan terbaik. Hal itu adalah salah satu kunci bagaimana Finlandia mampu memberikan pendidikan universal dan komprehensif untuk warga negaranya.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2136 seconds (0.1#10.140)