Dampingi Anak Sekolah Tatap Muka Saat Pandemi, Orang Tua Harus Siapkan Ini

Senin, 10 Januari 2022 - 18:07 WIB
loading...
A A A
Terlebih dahulu sampaikanlah informasi berdasarkan berita yang aktual dan dapat dipercaya mengenai perkembangan terkini pandemi Covid-19. Hal tersebut sangat membantu anak dalam membangun rasa percaya diri mereka untuk mengikuti sekolah tatap muka tanpa adanya rasa takut dan khawatir.

2. Menyiapkan Perlengkapan yang Dibutuhkan
Yang terpenting ketika anak mengikuti proses belajar tatap muka adalah orang tua perlu menyiapkan perlengkapan pendukung untuk melindungi anak dari penularan Covid-19, seperti masker atau face shield, hand sanitizer, bekal makanan dan minuman yang bernutrisi dari rumah, peralatan makan dan minum sendiri, dan perlengkapan alat tulis.

Selain perlengkapan fisik, perlengkapan tambahan lain seperti materi belajar dan latihan soal tambahan online juga dibutuhkan siswa. Misal, melalui aplikasi Pahamify siswa akan mendapatkan akses ke video belajar bersama guru yang berpengalaman, pembahasan soal, sampai mengikuti tryout untuk menguji kesiapan masuk ke perguruan tinggi negeri favorit!

3. Menjaga Protokol Kesehatan
Kembali melakukan PTM saat pandemi tentunya berbeda dengan kondisi seperti biasanya sebelum adanya pandemi. Untuk itu perlu adanya upaya dari orang tua dengan menyampaikan kepada anak tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan terutama mengingatkan mereka untuk mematuhi kebiasaan 3M, yaitu mencuci tangan, mengenakan masker, dan menjaga jarak selama berada di sekolah dan di tempat umum lainnya.

4. Memastikan Kondisi Imun Anak untuk Tetap Baik
Lihat dan amati kondisi anak. Pastikan imun anak dalam kondisi yang bagus ketika sedang melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Untuk mendapatkan imun yang bagus tentunya orang tua harus memberikan asupan makanan yang bernutrisi lengkap, bila perlu dibantu dengan memberikan multivitamin sebagai pelengkap nutrisi agar anak selalu dalam kondisi prima.

5. Menjaga Komunikasi dengan Pihak Sekolah
Agar proses pembelajaran tatap muka di sekolah dapat berjalan dengan lancar diperlukan kerjasama yang baik antara pihak sekolah dan orang tua. Salah satunya adalah dengan menjaga komunikasi yang baik antara orang tua dengan pihak sekolah.

Misalnya dengan menyimpan nomor kontak wali kelas siswa sehingga orang tua lebih mudah menghubungi wali kelas terkait dengan perkembangan anak mereka dalam mengikuti proses pembelajaran tatap muka di kelas. Juga diperlukan untuk mendapatkan informasi penting yang dibutuhkan selama proses pembelajaran tatap muka terbatas berlangsung.

6. Membantu Mengatur dan Menentukan Jadwal Belajar dan Rutinitas Sehari-hari
Setelah kebijakan PTM terbatas diberlakukan, dibutuhkan peran orang tua agar anak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik. Terlebih PTM yang sedang berlangsung saat ini tidak sepenuhnya dilakukan secara offline melainkan masih menggunakan metode online juga.

Tentunya tidak mudah bagi anak dalam mengikuti proses pembelajaran gabungan tersebut. Untuk itu diperlukan perhatian orang tua dalam membantu mengatur jadwal rutinitas mereka agar bisa berjalan dengan teratur.

7. Membantu Menentukan Metode Pembelajaran yang Efektif
Untuk membantu anak agar memudahkan mereka menjalani proses pembelajaran yang sedang berlangsung di masa pandemi ini orang tua dapat mengarahkan mereka untuk mengikuti kelas tambahan melalui bimbel online.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1776 seconds (0.1#10.140)