Calon Mahasiswa, Ini 8 Tips Lulus SNMPTN 2022 Agar Diterima di PTN Impian

Kamis, 06 Januari 2022 - 11:57 WIB
loading...
A A A
5. Punya portofolio dan sertifikat yang relevan
Portofolio wajib dilampirkan pada pendaftaran SNMPTN bagi yang memilih jurusan di bidang Seni dan Olahraga. Selain nilai rapor, portofolio ini juga akan menjadi bahan pertimbangan kampus dalam memilih calon mahasiswanya. Portofolio yang disertakan harus relevan dengan jurusan yang dipilih.

Isi portofolio merupakan kombinasi antara dokumentasi karya atau penampilan yang khusus dibuat sesuai dengan instruksi untuk setiap bidang, dan dokumentasi karya atau penampilan yang telah dimiliki atau dibuat sebelumnya semasa mengikuti pendidikan menengah.

6. Cari tahu ketentuan khusus tiap PTN
Hal yang tak kalah penting adalah harus memperhatikan aturan khusus yang dimiliki oleh masing-masing PTN. Untuk lintas jurusan misalnya, kebijakan ini sudah diatur oleh masing-masing PTN. Apakah kamu bisa atau tidak mengambil jurusan di bidang yang berbeda dengan SMA/SMK kamu.

Untuk mendaftar ke ITB juga ada formulir peminatan yang harus diisi saat akan mengambil jurusan tertentu. Sebab, sistem penerimaan ITB membatasi pilihan hanya sampai ke tingkat fakultas. Harus rajin cek website penerimaan di masing-masing PTN adalah hal yang harus dilakukan.

7. Bertanya kepada senior dan alumni yang diterima melalui jalur SNMPTN
Cari senior atau alumni yang diterima di prodi dan PTN yang sama dengan yang dituju. Gali informasi bagaimana cara mereka belajar, dari mana mereka mencari tahu informasi soal indeks sekolah, atau bagaimana menghitung besarnya peluang diterima di program studi tersebut.

8. Mencatat tanggal-tanggal penting terkait pelaksanaan SNMPTN
Setelah mempersiapkan diri dan nilai rapor dengan baik, jangan lupakan tanggal-tanggal penting terkait pelaksanaan SNMPTN, seperti kapan verifikasi berkas dan pendaftaran berlangsung. Sebab, jika terlewat tanggalnya, maka akan sudah tidak bisa lagi mendaftar dan hilanglah sudah kesempatan untuk masuk ke PTN favorit.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2159 seconds (0.1#10.140)