Begini Cara Menentukan Pilihan Jurusan Pertama dan Kedua pada SNMPTN-SBMPTN 2022

Jum'at, 07 Januari 2022 - 23:16 WIB
loading...
A A A
Pilihan Jurusan Pertama
Pilihan jurusan pertama menggambarkan prioritas pilihanmu. Maka dari itu, cara tepat untuk menentukannya berdasarkan:

Jurusan yang sangat kalian minati dan merasa bahwa kalian memiliki kemampuan yang maksimal pada jurusan tersebut. Misalnya, jago gambar dan desain poster, maka kalian bisa memilih jurusan Desain dan Komunikasi Visual sebagai pilihan jurusan pertama.

Jurusan yang berkaitan dengan prospek kerja yang kalian inginkan setelah lulus nanti. Kalau kalian jago desain dan tertarik bekerja sebagai graphic designer, maka jurusan Desain dan Komunikasi Visual memang jurusan yang tepat untukmu.

Jurusan yang tingkat persaingannya lebih ketat dibandingkan jurusan pilihan kedua. Untuk mengetahui tingkat persaingan tersebut, kalian bisa lihat dari jumlah pendaftar dan daya tampung jurusan yang kalian tuju pada tahun sebelumnya. Semakin banyak jumlah pendaftar dan semakin sedikit daya tampung jurusan, maka persaingannya pasti lebih ketat.

Pilihan Jurusan Kedua
Jurusan kedua, kalian bisa memilihnya berdasarkan pertimbangan berikut:
Jurusan yang diminati, tetapi kalian belum memiliki bakat yang maksimal di jurusan tersebut. Jadi, kalian memilih jurusan kedua ini agar dapat mengembangkan kemampuan. Misalnya, kalian tertarik pada animasi, tapi belum ada kemampuan membuat animasi. Jadi, kalian bisa memilih jurusan Animasi di pilihan kedua agar kemampuanmu membuat animasi berkembang.

Jurusan yang tingkat persaingan dan nilai masuknya lebih longgar atau sekiranya lebih mudah dibandingkan pilihan jurusan pertama. Pertimbangan ini bertujuan memaksimalkan peluang diterima pilihan jurusan kedua apabila gagal di pilihan pertama.

Sampai sini, kalian sudah paham cara memilih jurusan kuliah yang benar kan? Selain lewat pertimbangan di atas, kalian bisa menentukan pilihan jurusan pertama dan kedua dengan cara mendiskusikannya bersama orang tua atau guru BK di sekolah.

Apa pun pilihan jurusan kuliah pertama dan keduamu, pastikan sudah merencanakan jauh-jauh hari, serta tidak sekadar ikut-ikutan teman. Pilihlah yang memang cocok dengan minat karena kalian yang akan menjalani kuliah tersebut ke depannya.

Adakah PTN yang Tidak Mau Dinomorduakan di SBMPTN?
Membahas lebih jauh mengenai pendaftaran SBMPTN, kalian pasti pernah mendengar kalau ada beberapa PTN yang tidak mau dinomorduakan di SBMPTN kan? Kabar tersebut sering membuat banyak peserta SBMPTN kebingungan menentukan pilihan jurusan dan pilihan PTN saat pendaftaran.

Kalau salah memasukkan beberapa PTN di pilihan kedua, bisa-bisa klian tidak akan diterima di PTN tersebut. Tapi, apa informasi tersebut benar? Bukan sekadar kabar burung dan mitos saja?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)