Ini 3 Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru yang Dibuka UNS, Cek Infonya

Jum'at, 14 Januari 2022 - 20:27 WIB
loading...
A A A
Selain SNMPTN dan SBMPTN, Kepala UPT SPMB UNS Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono turut menyampaikan ragam SM program sarjana dan diploma. Para siswa yang berminat dapat mengakses informasi terkait SM ini melalui laman spmb.uns.ac.id.

Terdapat tujuh jalur SM pada jenjang sarjana, yaitu jalur UTBK, Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU), Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas (SMJD), Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SMJP), Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan (SMJK), Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda (SMJKM), dan Seleksi Mandiri Jalur Internasional (SMJI).

Sedangkan pada program diploma, terdapat enam jalur SM. Keenam jalur tersebut yakni jalur UTBK, Seleksi Mandiri Diploma Jalur Ujian (SMDJU), Seleksi Mandiri Diploma Jalur Disabilitas (SMDJD), Seleksi Mandiri Diploma Jalur Prestasi (SMDJP), Seleksi Mandiri Diploma Jalur Kemitraan (SMDJK), Seleksi Mandiri Diploma Jalur Kepemimpinan Muda (SMDJKM).



Prof. Hadiwiyono memaparkan gambaran tingkat keketatan masing-masing jalur seleksi UNS pada tahun 2021. Terdapat peminat sebanyak 28.858 siswa pada jalur SNMPTN dengan total 1.443 siswa yang diterima. Ini menunjukkan keketatan SNMPTN UNS pada tahun tersebut mencapai 5%.

Pada jalur SBMPTN, peminat UNS sebanyak 47.420 dengan total 2.628 siswa yang diterima. Ini berarti keketatan SBMPTN UNS pada tahun tersebut mencapai 5,52%. Sedangkan pada SM, total peminat sebanyak 98.603 siswa. Akan tetapi, hanya 5.236 siswa yang diterima. Keketatan jalur SM UNS 2021 mencapai 5,31%.

“Dengan begitu untuk semua jalur peminat di UNS sebanyak 175.081 orang. Sedangkan yang diterima hanya 9.307 orang atau yang diterima hanya 5,32 %,” tutur Prof. Hadiwiyono.

Sementara itu, Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus menyampaikan reputasi UNS yang semakin baik dari tahun ke tahun. Beberapa pencapaian UNS di antaranya masuk sebagai perguruan tinggi terbaik klaster 1, terakreditasi A, berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).

Selain itu, UN juga masuk pemeringkatan QS Asian University Rankings (QS AUR) #401-450, peringkat 79 dunia dan 7 nasional versi UI Green Metric World University Rankings, peringkat 2.535 dunia dan 13 nasional versi Webometrics dan berbagai akreditasi internasional lain.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)