Ini 3 Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru yang Dibuka UNS, Cek Infonya

Jum'at, 14 Januari 2022 - 20:27 WIB
loading...
Ini 3 Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru yang Dibuka UNS, Cek Infonya
Sosialisasi SNMPTN, SBMPTN, SM UNS 2022. Foto/tangkapan layar laman UNS
A A A
JAKARTA - Universitas Sebelas Maret ( UNS ) Surakarta membuka tiga jalur seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) pada 2022. Ketiga jalur tersebut yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri (SM).

Ketentuan mengenai SNMPTN dan SBMPTN diatur oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Sedangkan SM diatur secara mandiri oleh UNS. Pengumuman ini disampaikan pada kegiatan Sosialisasi SNMPTN, SBMPTN, SM UNS 2022 yang diselenggarakan Unit Pelaksana Tugas (UPT) Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS.



Sosialisasi tersebut diikuti guru dan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah (MA) dan dihadiri tiga narasumber.

Yakni Direktur Eksekutif LTMPT Prof. Dr. Ir. Budi Prasetyo Widyobroto, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNS Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus dan Kepala UPT SPMB UNS Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono. Hadir pula Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho.

Dalam sambutannya, Rektor UNS Prof. Dr. Jamal Wiwoho mengucapkan terima kasih kepada guru dan siswa SMA, SMK dan MA yang telah mengikuti Sosialisasi SNMPTN, SBMPTN, SM UNS 2022. “Tahun 2022 ini, kami memiliki tiga jalur masuk yaitu SNMPTN, SBMPTN dan SM,” katanya melansir laman resmi UNS di uns.ac.id, Jumat (14/1/2022).



Melalui kegiatan Sosialisasi SNMPTN, SBMPTN, SM UNS 2022 ini, dia berharap dapat memberikan informasi kepada para guru dan siswa SMA, SMK dan MA terkait penerimaan mahasiswa baru di UNS. “Semoga adik-adik kelas 12 dan yang sudah lulus dua tahun lalu bisa mengikuti jalur masuk yang sudah kami sediakan,” imbuhnya.

Direktur Eksekutif LTMPT Prof. Dr. Ir. Budi Prasetyo Widyobroto mengatakan, hanya sekolah yang menggunakan kurikulum nasional yang dapat mengikuti SNMPTN. Sekolah menginputkan data nilai siswa ke PDSS yang kemudian akan diambil oleh LTMPT dengan tidak mengubah data sedikitpun.

Berkaitan dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), tes tertulis ini masih memiliki metode yang sama. Akan tetapi, terdapat perbedaan pada bagian materi. Materi ujian pada 2022 memuat tambahan ujian Bahasa Inggris yang memiliki nilai tersendiri. “Jadi tambahannya hanya Bahasa Inggris ini ya, tahun kemarin tidak ada,“ ungkap Prof. Budi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)