Ini 15 Jurusan yang Lulusannya akan Selalu Dibutuhkan di Masa Depan

Kamis, 20 Januari 2022 - 11:29 WIB
loading...
A A A
Big data adalah kumpulan data kompleks yang diperoleh dari internet, media sosial, dan smartphone yang digunakan untuk kepentingan bisnis.

Namanya juga “big data,” sudah pasti jumlahnya sangat besar. Proses pengolahannya pun rumit dan memerlukan banyak waktu. Oleh sebab itu, diperlukan seseorang yang ahli Statistika untuk mengolah data tadi menjadi sebuah informasi. Dasar-dasar serta alur pengolahan data bakal dipelajari jika masuk jurusan ini.

Mata kuliah yang akan ditemui biasanya terdiri dari Matematika Dasar, Aljabar, Teori Probabilitas, Data Mining, Metode Survei, serta Analisis Regresi dan Multivariat. Kamu juga perlu memahami bahasa pemrograman seperti SQL, Phyton atau R Language.

Saat ini, lulusan Statistika banyak berkarir sebagai Data Scientist. Profesi ini bertanggung jawab untuk memproses dan mengolah big data yang terkumpul di suatu perusahaan.

Setelah diolah, Data Scientist akan menarik kesimpulan. Selain itu, mereka bereksperimen untuk membuktikan saran apa yang cocok diterapkan bagi perkembangan model bisnis perusahaan mereka bekerja.

7. Desain Grafis dan Seni Rupa
Di 2021 ini lulusan Desain Grafis maupun DKV semakin dibutuhkan. Mereka bisa kerja di mana aja, bahkan tanpa terikat kontrak dengan satu perusahaan alias menjadi freelancer. Dengan begini, sumber income yang akan diperoleh menjadi lebih banyak.

Jurusan ini bakal memberikan pemahaman mendalam tentang seni rupa, ilustrasi, visual branding, fotografi, nirmana, sampai tipografi (teknik memilih font huruf). Kumpulan tugas yang dibuat mahasiswa pun dapat dijadikan portofolio untuk memulai karir.

8. Manajemen Bisnis
Di posisi selanjutnya, manajemen bisnis jadi jurusan yang masih dicari di masa depan. Mahasiswa jurusan ini bisa bekerja sebagai Business Development, Project Manager atau menciptakan lapangan kerja sendiri. Tidak perlu khawatir soal prospek karir, karena lulusannya diperlukan hampir di semua sektor industri.

Kuliah Manajemen Bisnis ibarat membangun perusahaan sendiri. Selain membahas teori yang berhubungan dengan bisnis dan finansial, mahasiswanya juga belajar cara menganalisis target pasar (market research), mengembangkan macam-macam model bisnis dan membuat real project.

Salah satu profesi yang bisa dirambah dari jurusan ini adalah Business Development. Seorang Business Development bertanggung jawab untuk menyusun rencana bisnis perusahaan, menjalin relasi dengan klien, serta memahami persaingan antar kompetitor.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5311 seconds (0.1#10.140)