Ini 15 Jurusan yang Lulusannya akan Selalu Dibutuhkan di Masa Depan

Kamis, 20 Januari 2022 - 11:29 WIB
loading...
A A A


9. Teknik Informatika (IT)
Dibalik kecanggihan aplikasi di gawai yang memudahkan kehidupan kita selama ini ada peran lulusan Teknik Informatika. Di prodi ini, terdapat mata kuliah bahasa pemrograman, hitung-hitungan, algoritma komputer, hingga kecerdasan buatan.

Jika menjadi mahasiswa IT, kalian akan memahami proses pembuatan software agar bisa bekerja dengan optimal di ponsel maupun komputer.

Prospek karir jurusan ini banyak ragamnya, mulai dari programmer, web designer, backend developer atau IT Consultant.

10. Cyber security
Pernah dengar berita kebocoran data yang dijual di dark web? Dengan masuk ke jurusan Cyber Security kamu bisa mencegah hal ini terjadi. Dilansir dari laman binus.ac.id, fokus dari jurusan ini adalah menciptakan sistem keamanan pada suatu program yang dibuat di dunia maya. Mahasiswa akan diajarkan cara membangun arsitektur dan teknologi dari pertahanan siber.

11. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan (AI)
Tahukah kamu bahwa diprediksi teknologi robot akan menggantikan 56 % tenaga kerja di dunia? Tidak perlu khawatir, jika kamu menjadi seorang profesional di bidang robotik, tentu prediksi ini tidak akan jadi masalah.

Sebab profesi inilah yang akan lebih dibutuhkan untuk mengontrol mesin dan robot di masa depan. Di Indonesia baru Universitas Airlangga (Unair) yang membuka jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan di Indonesia.

12. Teknik Elektro
Perkembangan teknologi internet dan komunikasi saat ini tidak lepas dari peran para lulusan Teknik Elektro. Hampir seluruh lini industri juga pasti membutuhkan tenaga ahli yang dapat menangani berbagai persoalan kelistrikan dan peralatan elektronik lainnya.

13. Hukum
Ilmu hukum memang merupakan disiplin ilmu yang tidak akan lekang oleh perkembangan zaman. Lulusan dari jurusan Hukum juga akan terus dibutuhkan di berbagai bidang, karena ilmu hukum akan selalu mengikuti perkembangan dunia.

14. Pendidikan
Pendidikan adalah sumber dari kemajuan sebuah bangsa. Maka dari itu, lulusan dari jurusan Pendidikan yang berkualitas akan lebih dibutuhkan di masa depan. Ada banyak cabang ilmu pendidikan yang bisa dipilih, mulai dari PAUD, PGSD, dan sebagainya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1444 seconds (0.1#10.140)