Ospek di Universitas Luar Negeri Bebas Bully dan Senioritas?

Kamis, 20 Januari 2022 - 15:36 WIB
loading...
Ospek di Universitas Luar Negeri Bebas Bully dan Senioritas?
Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) mahasiswa baru di Universitas Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus ( Ospek ) di universitas luar negeri bebas bully dan senioritas. Ya, Ospek di universitas-universitas luar negeri mempunyai image yang baik, di mana kegiatan yang dilakukan untuk Mahasiswa baru (Maba) di luar negeri berbeda dengan Ospek di Indonesia.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa Ospek di Indonesia memakan waktu yang lama yakni hingga seminggu, bahkan bisa lebih tergantung kebijakan masing-masing universitas . Selain itu, banyak sekali kasus perundungan yang dilakukan pada saat Ospek yang akhirnya memakan korban jiwa.



Ospek di setiap universitas di Indonesia biasanya dibimbing dan diarahkan oleh BEM universitas atau panitia penyelenggara, sehingga banyaknya senior kampus yang ikut andil dalam kegiatan ini.

Ospek di Indonesia rata-rata tidak hanya menjadi kegiatan masa perkenalan lingkungan kampus, tapi juga menjadi kegiatan untuk menumbuhkan sikap kedisiplinan, tanggung jawab, dan kerja sama dengan teman teman baru dengan berbagai rangkaian acara yang telah dibuat oleh panitia.

Banyaknya senior yang ikut serta dalam kegiatan ini, kurangnya pengawasan dari universitas serta peraturan kegiatan yang cenderung keras, membuat adanya beberapa kasus penyalahgunaan wewenang seperti melakukan tindakan kekerasan terhadap mahasiswa baru yang mengakibatkan korban meninggal dunia, berbagai tindakan senioritas lainnya yang terlalu keras hingga menimbulkan trauma fisik atau psikis hingga korban jiwa.



Dahulu hal-hal untuk memberi hukuman menggunakan fisik merupakan suatu hal yang wajar, tapi seiring berjalannya waktu sudah tidak ada lagi hukuman yang melibatkan kekerasan fisik, apalagi hingga ketahuan melakukan pembullyan, dan tindakan kekerasan lainnya. Sudah banyak pasal yang mengatur mengenai kekerasan, dan pembullyan, sehingga siapapun yang melakukan tindakan tersebut dapat dilaporkan secara hukum.

Sedangkan Ospek di luar negeri dari dulu sudah terkenal dengan atmosfer positifnya, di mana kegiatan Ospek murni hanya bertujuan untuk pengenalan lingkungan kampus, kegiatan MABA bersenang senang datang ke kampus menggunakan baju bebas dan berbaur dengan MABA lainnya. Inilah tiga Ospek di Kampus Luar Negeri, bebas Bully dan Senioritas.

1. Harvard University
Harvard University merupakan universitas yang masuk ke dalam tiga besar terbaik di Dunia. Universitas ini terletak di Cambridge, Amerika yang di mana rata-rata universitas di sana kegiatan Ospeknya melakukan berbagai kegiatan diskusi bersama kelompok mengenai topik atau isu isu terkini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1644 seconds (0.1#10.140)