IPB University Gelar Sosialisasi SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri 2022

Senin, 24 Januari 2022 - 20:18 WIB
loading...
A A A


Ia mengurai syarat-syarat seleksi jalur Ketua OSIS di antaranya: pernah menjadi ketua OSIS selama di SMA – dibuktikan dengan Surat Pengantar dan Surat Keputusan Pengangkatan sebagai Ketua OSIS dari Kepala Sekolah, lulusan pada tahun berjalan dan berasal dari jurusan IPA, rataan nilai Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi selama 5 semester sekurangnya 80, bersedia mendapatkan pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan dan pelatihan lainnya.

“Untuk jalur PIN, siswa yang dapat mengajukan adalah siswa yang lulus SMA/sederajat pada masa yang sama dengan periode pendaftaran calon mahasiswa baru IPB University. Adapun kategori berprestasi yaitu meraih penghargaan juara dalam lomba di tingkat internasional dan nasional. Antara lain dalam kegiatan lomba karya ilmiah, olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Informatika, Pramuka, Olahraga, Seni serta Hafizh,“ jelasnya.

Sementara untuk jalur BUD, dikatakannya, pelamar berumur tidak lebih dari 25 tahun, memiliki nilai rapor SMA/MA/SMK minimal 70,00 untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi selama 5 semester pertama, memperoleh sponsor dari pemerintah atau perusahaan mitra.

“Untuk UTMBK, peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK IPA tiga tahun terakhir. Seleksi berupa tes tertulis berbasis computer,“ jelasnya.

Terkait Kelas Internasional, Dr Drajat menjelaskan bahwa ada 2 gelombang seleksi yaitu Gelombang 1 (untuk Warga Negara Indonesia/WNI) di mana seleksi dilakukan berdasar prestasi akademik dari nilai rapot untuk lulusan pada tahun berjalan dan Gelombang 2 (untuk WNI dan Warga Negara Asing/WNA) di mana seleksi dilakukan melalui ujian tertulis (UTMBK) untuk peserta dengan status lulusan tiga tahun terakhir.

“Program SMM PTN-Barat, pada dasarnya merupakan jalur seleksi mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi yang teknis pelaksanaannya dilakukan secara bersama-sama. SMM PTN-Barat adalah seleksi berdasarkan hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia SMM PTN-Barat.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)