Sokong Potensi Segitiga Rebana, Ridwan Kamil Siapkan SMK Berbasis Maritim

Minggu, 06 Februari 2022 - 09:22 WIB
loading...
A A A
"Jadi kegiatan tambaknya, yaitu pendederan ikan nila/bandeng/udang, pembesaran udang vaname, pembesaran ikan nila salin, polikultur/tumpang sari udang dan ikan nila atau udang dan bandeng," paparnya.

Tidak hanya itu, Dedi memastikan, SMKN 1 Mundu pun melakukan pengolahan hasil perikanan, seperti membuat produk udang tempura, fish jelly baik itu siomay, bakso tahu, ekado, nugget, kaki naga, fish roll dengan bahan baku ikan nila merah.

"Karena itu, ke depan pengembangannya kita akan memproyeksikan berstatus BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) seperti wisata edukasi perikanan, tempat diklat budidaya dan pengelolaan tambak modern," katanya.

Selain unit usaha tambak, menurut Dedi, SMKN 1 Mundu Cirebon juga memiliki pusat pendidikan dan latihan (diklat) keterampilan pelaut yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Jabar yang ingin bekerja di kapal. Setiap peserta diklat, kata Dedi, akan mendapatkan sertifikat pelaut Internasional yang mengacu pada IMO.

"Jenis sertifikatnya yaitu Basic Safety Training yang sekarang telah pada angkatan 770," ucapnya.

SMKN 1 Mundu juga telah bekerja sama dengan BPPTL Jakarta, sehingga dapat membuka diklat untuk Security Awareness Trainning (SAT), Seafever with Designated Duties (SDSD), Medical First Aid (MFA), Advances Fire Fighting (AFF), Survival Carft & Rescue Bond (SCRB), Crowd Management Trainning (CMT), Crisis Management and Human Behavour Tranning (CMHBT).

Diketahui, selain dihadiri Ridwan Kamil, peresmian RPS Agribisnis Perikanan SMKN 1 Mundu dan panen raya juga dihadiri oleh Atalia Praratya Kamil selalu Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Jabar.

"Kami laporkan bahwa SMKN 1 Mundu Cirebon dapat juga menyelenggarakan diklat SAR Unit Pramuka untuk para pembina pramuka se-Jawa Barat," tandas Dedi.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4068 seconds (0.1#10.140)