Sambut IKN, Universitas Muhammadiyah Kaltim Gelar Konsorsium Ekonomi Berbasis Teknologi

Selasa, 08 Februari 2022 - 09:50 WIB
loading...
Sambut IKN, Universitas Muhammadiyah Kaltim Gelar Konsorsium Ekonomi Berbasis Teknologi
Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) menggelar konsorsium inovasi di bidang ekonomi berbasis teknologi di E Kampus UMKT, Jalan Juanda, Minggu (6/2/2022). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) menggelar konsorsium inovasi di bidang ekonomi berbasis teknologi di E Kampus UMKT, Jalan Juanda, Minggu (6/2/2022). Kegiatan bertema Inovasi untuk Negeri ini dihadiri oleh seluruh rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) se-Indonesia.

Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jebul Suroso dalam sambutannya mengatakan, terselenggaranya konsorsium inovasi untuk negeri ini merupakan kegiatan yang dicanangkan oleh rekot UMKT berkolaborasi dengan UMP dan bekerja sama dengan Diktilitbang PP Muhammadiyah.

"Kegiatan ini diinisiasi oleh Bapak Bambang (Rektor UMKT) dan UMP merespons perkembangan teknologi di bidang ekonomi. Maka PTMA harus berinovasi," katanya seperti dikutip, Selasa (8/2/2022).

Baca juga: Bisa Jadi Pilihan Kuliah, UMKT Buka Pendaftaran Jalur Influencer

Dengan kegiatan ini, kata Jebul, seluruh PTMA dapat melakukan inovasi sesuai dengan peluang yang ada di masing-masing perguruan tinggi.

Sementara itu, Rektor UMKT, Profesor Bambang Setiaji mengungkapkan, kampus-kampus PTMA harus memiliki amal usaha yang berbasis teknologi informasi sebagai wadah untuk menggerakan ekonomi kampus. "Sebetulnya kami buat acara konsorsium ini sebagai wadah untuk generasi muda, terutama bagi mahasiswa di kampus PTMA untuk berwirausaha dengan memanfaatkan teknologi," ujar Bambang.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, Kampus UMKT telah melakukan inovasi di bidang ekonomi berbasis teknologi, salah satunya meluncurkan aplikasi FoodieMu,aplikasi start up untuk pengantaran. "Ini GoFoodnya Muhammadiyah, bedanya dengan yang sudah ada, di sini ada verifikasi halal dan toyiban (kesehatan). Nanti UMKT melibatkan seluruh mahasiswa menjadi penggeraknya," ungkapnya.

Hal itu dilakukan UMKT, lanjut Bambang, karena pihaknya ingin kampus selain penggerak pendidikan, namun juga penggerak ekonomi berbasis teknologi di masa mendatang. Selain itu, seluruh rektor PTMA se-Indonesia akan mengunjungi titik nol Ibu Kota Negara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) setelah pelaksanaan konsorsium.

Baca juga: Sebelum Pemerintah Bangun IKN, Muhammadiyah Sudah Dirikan Kampus dan RS di Kaltim

"Kami semua akan mengunjungi ibu kota baru di Sepaku, bersama Waki Bupati PPU (Penajam Paser Utara)," tuturnya.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Timur, Suyatman mengapresiasi kegiatan konsorsium yang dilakukan UMKT dan UMP dengan menghadirkan seluruh PTMA se-Indonesia. Menurutnya, di era milenial sangat diperlukan terobosan di bidang ekonomi berbasis teknologi.

"Memang Muhammadiyah hadir untuk bermanfaat bagi negara dan bangsa, dengan kegiatan ini dapat menghasilkan karya besar," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)