Pakar UGM Bagikan Tips Gunakan Tanaman Herbal yang Aman

Kamis, 10 Februari 2022 - 16:17 WIB
loading...
Pakar UGM Bagikan Tips Gunakan Tanaman Herbal yang Aman
Universitas Gadjah Mada (UGM). Foto/Dok/SINDONews
A A A
JAKARTA - Indonesia yang berada di daerah tropis dianugerahi beragam flora. Banyak dari flora-flora di Indonesia tersebut yang kemudian dapat dijadikan obat atau yang disebut juga sebagai tanaman herbal .

Contohnya seperti tanaman Tempuyung, atau dengan nama latin-nya Sonchus arvensis berguna sebagai obat batu ginjal. Kemudian ada tanaman Mimba (Azadirachta indica) sebagai obat diabetes.

Ada pula tanaman Purwoceng (Pimpinella pruatjan) untuk meningkatkan gairah seksual dan tanaman Pegagan (Centella asiatica) untuk menghambat penuaan, dan lain sebagainya.

Baca: Kisah Menarik Mahasiwa ITB Penerima Beasiswa IISMA di Ceko

Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi tanaman-tanaman obat tersebut. Berikut telah dirangkum tips dan trik dari Pakar Obat Herbal Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Dr. Djoko Santosa.

1. Pastikan kebenaran dari bahan
Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika memanfaatkan tanaman herbal adalah memastikan kebenaran dari tanaman yang hendak dikonsumsi, apakah tanaman tersebut adalah tanaman yang dimaksud atau hanya mirip saja.

Djoko menuturkan, kepastian pada kebenaran bahan sangat penting. Sebab, jika salah bahan maka pertama khasiat yang diharapkan tidak didapatkan; atau kemungkinan kedua, tanaman yang dikonsumsi malah dapat memberikan efek buruk pada tubuh.

Baca juga: Menahan Tangis di Depan Anggota DPR, Guru: Jangan Jadikan Kami Mainan

“Jadi, yang pertama adalah (memastikan) betulnya bahan. Kalau tidak betul maka bisa jadi masalah. (Sebagai contoh ketika) harusnya mengonsumsi Lempuyang Wangi untuk niat menurunkan kolesterol, tapi (karena salah identifikasi) malah mengonsumsi Lempuyang Gajah yang malah nambah kegemukan,” katanya melansir laman resmi UGM di ugm.ac.id, Kamis (10/2/2022).

“Jadi, efeknya bisa berkebalikan. Padahal, (kedua tanaman) itu satu keluarga tanaman yang sangat dekat sekali (mirip-mirip),” lanjutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)