Perpusnas-Pemda Sinergi Tingkatkan Indeks Pembangunan Literasi di Sumatera Selatan

Jum'at, 11 Februari 2022 - 18:46 WIB
loading...
A A A
“Yaitu manusia yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, bisa membuka lapangan kerja, bisa mengurangi pengangguran, bisa meningkatkan income perkapita, dan bisa menambah devisa negara untuk kesejahteraan,” terangnya.

Baca juga: Mendikbudristek: Ini 3 Pilihan Kurikulum yang Bisa Diterapkan di Sekolah

Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel Fitriana, menyatakan IPLM dan tingkat kegemaran membaca di provinsinya meningkat pada 2021, dibandingkan 2020. Dia menjelaskan, hal ini merupakan hasil kerja dari pemerintah daerah yang didukung oleh Perpusnas.

“Dari tahun 2020 sebesar 13,63, tahun 2021 mengalami peningkatan menjadi 14,57. Untuk tingkat kegemaran membaca mengalami peningkatan dari 52,38 % meningkat menjadi 55,84 %,” ucapnya.

Fitriana menjelaskan, audiensi akan menambah wawasan dan pengetahuan tentang perpustakaan, khususnya tentang literasi. Sumsel memiliki 17 kabupaten/kota. Dia berharap Perpusnas dapat memberikan dukungan berupa bantuan peningkatan kualitas perpustakaan.

Duta Literasi Sumatera Selatan Ratu Tenny Leriva, menjelaskan beragam program akan dilaksanakan dalam upaya peningkatan indeks literasi dan tingkat kegemaran membaca sepanjang tahun ini.

Program tersebut di antaranya Pojok Baca Digital di Monpera dan Pojok Baca di PS Mall Palembang, Launching Pelatihan Bahasa Isyarat gratis, road show Literasi, workshop dan talkshow, serta bantuan buku untuk komunitas.
(nz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3717 seconds (0.1#10.140)