5 Tips Lulus UTBK 2022 yang Penting Diketahui Calon Mahasiswa

Sabtu, 12 Februari 2022 - 09:34 WIB
loading...
5 Tips Lulus UTBK 2022 yang Penting Diketahui Calon Mahasiswa
Ratusan calon mahasiswa mengikuti UTBK untuk SBMPTN 2020. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK ) adalah syarat utama pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Negeri ( SBMPTN ). Memang pelaksanaanya sendiri baru akan dimulai Maret namun diperlukan persiapan sejak dini agar bisa lulus.

Persiapan sejak jauh-jauh hari dalam menghadapi UTBK SBMPTN memang diperlukan sebab persaingan masuk PTN melalui jalur ini sangat kompetitif karena diikuti oleh seluruh pelajar SMA dan sederajat atau serta lulusan paket C dengan umur maksimal 25 tahun per 1 Juli 2022.

Belajar sejak dini juga penting sebab UTBK menguji tiga macam tes. Yakni Tes Potensi Skolastik (TPA), tes kemampuan Bahasa Inggris dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). Maka dari itu, persiapan pun perlu dilakukan matang agar tidak stres.

Baca: Salip Amerika dan India, Siswa MTs Negeri 1 Pati Borong 103 Medali

Berikut ini lima tips persiapan UTBK yang perlu dilakukan dirangkum dari laman Ruangguru di ruangguru.com.

1. Membangun kesadaran mental

Ini mungkin hal kecil yang banyak orang suka lupa. Kalau kamu benar-benar mau mempersiapkan UTBK dari sekarang, maka kesadaran mental itu yang perlu dibangun.

Maksudnya adalah, di dalam diri, secara mental calon peserta UTBK harus benar-benar sadar kalau akan menghadapi UTBK. Bangun pola pikir kalau apa yang bakal diusahakan ini memang tidak bisa keliatan hasilnya sekarang atau minggu depan, tapi nanti ketika hasil UTBK keluar.

Beberapa tips sederhana untuk bangun kesadaran mental misalnya dengan mengganti wallpaper ponsel atau laptop dengan kutipan yang memberi semangat terkait UTBK. Atau tulis kampus yang mau dituju di kertas, lalu tempel di tembok kamar agar teringat dan secara mental sadar kalau ini adalah bagian penting di hidup untuk diperjuangkan.

Baca juga: Mau Kuliah di Universitas Luar Negeri, Ini Negara Terbaik untuk Kawasan Asia

2. Kerjakan soal UTBK dan evaluasi diri

Hal ini bisa dimulai dengan mengerjakan soal-soal UTBK tahun lalu. Dari latihan ini maka akan bisa didapat dua hal. Yakni, pengalaman mengerjakan soal UTBK yang sebenarnya dan juga bisa mengukur kemampuan diri sendiri.

3. Cek materi latihan dan konsep dasar

Pertanyaan selanjutnya adalah: Bagimana cara mengetahui apakah kita sudah paham konsep atau tinggal latihan aja?

Setelah evaluasi bagian-bagian atau topik mana saja dari soal UTBK lalu yang belum dimengerti, maka fokus saja di bagian itu. Lalu, kerjakan latihan soal untuk topik itu aja. Fokus di latihan soal yang sesuai sama materi yang masih belum kuasai. Jangan hanya mengerjakan latihan soal yang isinya campuran dari beberapa materi.

4. Buat jadwal belajar

Inti dari jadwal belajar ini pada dasarnya untuk membentuk kesadaran mental dan menentukan strategi yang tepat dari sisa waktu yang kita punya sampai UTBK dilaksanakan.

Jadwal belajar ini bisa dijadikan semacam “ancang-ancang” biar kalian punya gambaran yang pasti dari sisa waktu yang dipunya. Tak perlu diikuti semua atau dirinci kalau sudah punya kesadaran secara mental, tapi juga boleh dibuat rapi di aplikasi atau disimpan di ponsel menjadi semacam pengingat.

5. Ikut tryout UTBK

Jika keempat alur itu sudah dilakukan, jangan lupa ikut try out UTBK. Ini tentunya penting karena tidak mungkin hanya belajar dari soal UTBK tahun lalu yang diulang-ulang. Try Out ini fungsinya supaya peserta UTBK mempunya variasi dalam latihan, tapi level soalnya setara sama yang bakal dihadapi nanti.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1994 seconds (0.1#10.140)