PBSI UIN Jakarta Gelar Pengabdian Masyarakat untuk Tingkatkan Publikasi Ilmiah Guru

Minggu, 13 Februari 2022 - 11:44 WIB
loading...
PBSI UIN Jakarta Gelar Pengabdian Masyarakat untuk Tingkatkan Publikasi Ilmiah Guru
Prodi PBSI FITK UIN Jakarta mengadakan program pengabdian masyarakat di MAN 2 Malang dan MAN 2 Kediri. Foto/Dok/PBSI UIN Jakarta
A A A
JAKARTA - Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ( PBSI ) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta mengadakan program pengabdian masyarakat di MAN 2 Malang dan MAN 2 Kediri. Kegiatan berlangsung dari 7 Februari—10 Februari 2022 dengan agenda meningkatkan publikasi ilmiah pada guru melalui kegiatan kolaborasi akademik.

Dosen PBSI UIN Jakarta Dr. Mahsusi, M.M, mewakili Dekan FITK Dr. Sururin, M.Ag mengatakan bahwa, MAN 2 Malang dan MAN 2 Kediri merupakan tempat yang tepat untuk melakukan kegiatan kolaborasi. Keduanya merupakan sekolah terbaik yang melahirkan banyak prestasi. “Meski berada di daerah, kedua sekolah tersebut meraih pelbagai macam prestasi nasional dan internasional.,” katanya.



Kaprodi PBSI UIN Jakarta Dr. Makyun Subuki, M.Hum menambahkan, MAN 2 Malang dan MAN 2 Kediri patut dicontoh oleh seluruh MAN di Indonesia sebagai upaya meningkatkan kapasitas siswa, guru, dan manajemen menuju sekolah berstandardisasi internasional. “Meskipun berlabel Madrasah, kedua sekolah ini memiliki fasilitas, prestasi, dan tata kelola berstandar internasional,” katanya.

Dalam program pengabdian masyarakat ini, diharapkan ada hasil konkret berupa kerja sama antara dosen dengan guru. Luaran kerja sama dalam kegiatan ini adalah jurnal nasional terindeks Sinta 2—6 yang ada di Indonesia.
PBSI UIN Jakarta Gelar Pengabdian Masyarakat untuk Tingkatkan Publikasi Ilmiah Guru

Harapan ini tidak terlalu tinggi karena guru MAN 2 Malang dan MAN 2 Kediri pada dasarnya sudah memiliki kompetensi yang baik dalam pengajaran dan peningkatan kualitas siswa.



Kepala Sekolah MAN 2 Malang, Dr. Mohammad Husnan mengaku bersyukur dengan adanya program pengabdian masyarakat dari UIN Jakarta. “Program yang diadakan ini yang kami tunggu dari instansi mana pun. Alhamdulillah kami mendapatkan bimbingan dari rekan kami dari UIN Jakarta,” katanya.

Drs. H. Nursalim, M.Pd.I selaku Kepala Sekolah MAN 2 Kediri pun menyambut kunjungan PBSI UIN Jakarta dengan antusiasme tinggi. “Saya berharap kerja sama ini tidak sekadar terjadi saat ini, tetapi dapat berlangsung secara terus-menerus guna meningkatkan publikasi guru di MAN 2 Kediri yang merupakan terbaik kedua di Jawa Timur,” katanya.

Melalui kolaborasi ini, PBSI UIN Jakarta berharap dapat meningkatkan publikasi pada guru. Dalam kesempatan ini PBSI UIN Jakarta juga mengundang Ahmad Bahtiar, M.Hum, selaku assesor jurnal internasional, untuk menyampaikan teknik penulisan artikel ilmiah yang baik dan benar.

Selain teknik penulisan artikel ilmiah, Ahmad Bahtiar M.Hum juga memberikan tips penulisan artikel ilmiah yang diharapkan mampu memotivasi guru dalam menulis dan menginterpretasikan kegiatan penulisan yang mudah dan menyenangkan.

Sebagai penutup kegiatan pengabdian ini, PBSI UIN Jakarta akan menindaklanjuti kegiatan pengabdian melalui platform Zoom untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan guru MAN 2 Malang dan MAN 2 Kediri.

Satu guru akan didampingi oleh satu dosen PBSI UIN Jakarta. Dengan demikian, harapannya tentu saja MAN 2 Malang, MAN 2 Kediri, dan PBSI UIN Jakarta mendapatkan publikasi yang tinggi tahun ini.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2795 seconds (0.1#10.140)