SNMPTN 2022, Segini Jumlah Kursi yang Disediakan Universitas Jember

Selasa, 22 Februari 2022 - 11:28 WIB
loading...
SNMPTN 2022, Segini Jumlah Kursi yang Disediakan Universitas Jember
Universitas Jember. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) 2022 masih dibuka sampai 28 Februari. Salah satu PTN yang menerima mahasiswa melalui SNMPTN yaitu Universitas Jember menyediakan 2.372 kursi bagi mahasiswa baru angkatan 2022 di jalur undangan itu.

Rektor Universitas Jember Iwan Taruna mengatakan, jumlah tersebut adalah 30 % dari total mahasiswa Universitas Jember angkatan 2022 yang akan diterima. Sementara 50 % mahasiswa baru akan diambil dari di jalur Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN), dan sisanya sebanyak 20 % akan diperoleh dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR) yang merupakan ujian mandiri Universitas Jember.

“Tahun ini komposisinya tidak berubah, masih sama dengan 2021 lalu. Namun dengan jumlah mahasiswa baru sebanyak 2.372 dari jalur SNMPTN membuat kami termasuk PTN yang menyediakan alokasi cukup besar di jalur tanpa tes dibandingkan dengan PTN lain. Jadi bagi siswa-siswi yang eligible, manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya,” katanya melansir laman Universitas Jember, Selasa (22/2/2022).

Baca: Mau Daftar SNMPTN di Unsoed? Ini Info Lengkapnya

Untuk diketahui, tahun lalu Universitas Jember bertengger di posisi ke delapan sebagai PTN di Indonesia yang paling banyak menerima mahasiswa baru dari jalur SNMPTN. Universitas Jember juga mengadakan open house untuk memberikan kesempatan bagi siswa, guru, dan orang tua mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai jalur SNMPTN dan tentang Universitas Jember.

Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Slamin mengingatkan peserta agar selalu membaca terlebih dahulu pedoman pendaftaran SNMPTN sesuai yang ada di laman ltmpt.ac.id agar terhindar dari kesalahan mengisi laman pendaftaran.

Guru besar teori Graph Fakultas Ilmu Komputer ini memberikan tips agar peluang diterima di PTN semakin besar. Pertama, pilih program studi sesuai dengan cita-cita dan passion. Lantas jangan lupa melihat kemampuan diri, baik kemampuan akademis maupun kesiapan finansial.

Baca juga: Ingin Kuliah di UI, Ini Jurusan Paling Sepi Peminat pada SNMPTN 2021

“Setelah itu cari data terkait program studi yang dituju, termasuk kondisi persaingan yang ada melalui laman LTMPT dan laman PTN yang dituju,” katanya.

Untuk daya tampung program studi di Universitas Jember beserta persyaratannya sudah diunggah di laman unej.ac.id. Sebagai contoh tahun lalu peminat di Fakultas Kedokteran Universitas Jember mencapai 1.014 peserta namun yang diterima hanya 28 orang.

“Artinya keketatannya mencapai 1 banding 42, termasuk yang paling tinggi di Indonesia,” ujar Prof. Slamin.

Prof. Slamin juga meminta agar siswa yang akan mengikuti pendaftaran SNMPTN namun mengalami kendala atau ingin berkonsultasi untuk tidak ragu-ragu menghubungi Help Desk LTMPT atau Humas PTN agar sukses menjalani SNMPTN.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1004 seconds (0.1#10.140)