5 Cara untuk Jaga Keamanan Data Akun Belajar.id

Rabu, 23 Februari 2022 - 11:08 WIB
loading...
A A A
2. Tidak membagikan informasi akun dan kata sandi ke orang lain

Informasi akun dan juga kata sandi adalah hal yang bersifat sangat pribadi. Jangan membagikan informasi tersebut kepada orang lain. Simpanlah informasi akun dan kata sandi di tempat yang aman. Apabila kesulitan dalam mengorganisir kata sandi, gunakanlah layanan pengelolaan kata sandi terpercaya.

Baca juga: Keren, MTsN 9 Bantul Juara Umum Pekan Kompetisi Nasional 2022

3. Mengaktifkan autentikasi dua langkah

Cara lain yang bisa dilakukan untuk memperkuat keamanan data Akun Pembelajaran dengan mengaktifkan fitur autentikasi dua langkah. Biasanya kode one time password (OTP) akan dikirimkan ke nomor ponsel atau surel pribadi pengguna. Tentu hal ini akan membuat orang yang tidak bertanggung jawab kesulitan membobol akun tersebut.

4. Gunakan kata sandi berbeda untuk setiap akun

Pernahkah kamu mendengar istilah “jangan taruh semua telur di satu keranjang yang sama”? Istilah tersebut juga berlaku untuk akun dan kata sandi. Jangan menggunakan satu kata sandi yang sama untuk seluruh akun, termasuk Akun Pembelajaran.

Risiko yang terjadi apabila menggunakan satu kata sandi untuk seluruh akun adalah apabila sebuah akun berhasil diretas, akun lain juga tentunya terancam. Maka dari itu gunakanlah kata sandi yang berbeda untuk setiap akun.

5. Gunakan akun sesuai kebutuhan

Platform Akun Pembelajaran memiliki ketentuan-ketentuan tertentu yang harus ditaati oleh penggunanya. Oleh karena itu, gunakanlah Akun Pembelajaran sesuai dengan kebutuhannya agar terhindar dari sanksi sistem yang bisa menyebabkan akun dinonaktifkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)