Mau Sukses Raih Beasiswa? Intip 6 Tips Menulis CV Ini

Rabu, 23 Februari 2022 - 20:51 WIB
loading...
A A A
Jika sudah mengetahui formatnya, baiknya isi format tersebut dengan data diri atau informasi yang lengkap dan jelas. CV untuk beasiswa sendiri isinya tidak jauh berbeda dengan yang dibuat untuk melamar pekerjaan. Jadi harus ada biodata diri, riwayat pendidikan, serta keterampilan apa saja yang dimiliki.

Biasanya, CV ditulis dengan bahasa Indonesia ditujukan untuk pendaftaran beasiswa dalam negeri. Namun, bagi yang ingin mengikuti program beasiswa luar negeri maka harus menggunakan CV dalam bahasa Inggris.

Jika memang kesulitan, bisa membuatnya dalam bahasa Indonesia terlebih dahulu lalu menerjemahkannya ke orang yang memang ahli di bahasa Inggris.

Baca juga: Beasiswa Magister Kominfo Sudah Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftar

Tips Membuat CV untuk Beasiswa

1. Perhatikan desain CV

Pastikan memilih desain CV menarik tetapi tetap sederhana. Desain tersebut bisa dilihat di internet. Setelah mendapatkan desain yang tepat bisa disesuaikan dengan kebutuhan nantinya. Jangan terlalu heboh atau banyak atribut tidak penting atau menggunakan banyak warna di dalam desain.

2. Isi data diri dengan jelas

Pastikan dalam menuliskan data diri, informasi yang ditulis lengkap mulai dari nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor kontak, sampai email yang aktif.

3. Tulis dan deskripsikan riwayat pendidikan secara terstruktur
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5345 seconds (0.1#10.140)