Quipper-Untar Ajak Ratusan Siswa Kembangkan Potensi Diri

Kamis, 24 Februari 2022 - 18:05 WIB
loading...
Quipper-Untar Ajak Ratusan Siswa Kembangkan Potensi Diri
Quipper dan Untar sebagai institusi pendidikan menyelenggarakan webinar dengan tema Pahami Diri untuk Menentukan Masa Depan di Jakarta. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Fase SMP hingga SMA merupakan periode yang sangat penting bagi siswa untuk mengenali potensi diri serta menentukan arah dan tujuan mereka setelah lulus sekolah. Namun, nyatanya tidak sedikit siswa yang masih bingung dalam menentukan jurusan kuliah meski pun mereka sudah duduk di kelas 12.

Menurut penelitian Educational Psychologist dari Integrity Development Flexibility (IDF), hanya 13% mahasiswa Indonesia merasa memilih jurusan dengan tepat. Selain itu, Mendikbudristek Nadiem Makarim juga mengatakan bahwa hanya 20% mahasiswa Indonesia yang bekerja sesuai dengan jurusan kuliahnya.



Konsep diri merupakan kemampuan seseorang untuk memahami dirinya sendiri, termasuk kekuatan dan kelemahannya. Dengan kemampuan tersebut, seseorang dapat mengenal potensi diri dan mampu mewujudkan apa yang menjadi keinginan dirinya, sehingga dapat menyelamatkannya dari salah jurusan dan bekerja sesuai dengan program studinya.

Sadar akan pentingnya menanamkan pengetahuan dan wawasan mengenai pengembangan potensi diri sedini mungkin, Quipper dan Universitas Tarumanagara (Untar) sebagai ekosistem dan institusi pendidikan menyelenggarakan webinar dengan tema “Pahami Diri untuk Menentukan Masa Depan” pada 18 Februari 2022.

Webinar yang terbuka bagi seluruh siswa di Indonesia ini menghadirkan dosen dan pakar psikologi ternama di Indonesia, yaitu Untung Subroto S.Psi., M.Psi. yang memberikan pemaparan tentang pemahaman diri yang benar, serta workshop untuk menggali minat dan bakat para peserta sehingga mampu menentukan jurusan kuliah yang tepat dan merencanakan karier di masa depan.



Selanjutnya turut hadir Tasya Kamila selaku Quipper Super Teacher yang juga merupakan aktris, penyanyi dan penulis lagu dengan prestasi di bidang akademis maupun di dunia hiburan.

Untuk memberikan wawasan yang lebih luas seputar dunia akademis kepada peserta, Quipper juga menghadirkan Yunita Wanasiri, penerima beasiswa penuh Quipper Scholarship Award (QSA) 2021 yang memberikan inspirasi serta motivasi bagi para pelajar untuk meraih impiannya.

Psikolog Untung Subroto mengajak peserta webinar untuk mengenal diri melalui art activity dan tes psikologi secara singkat, yang membuat peserta semakin antusias dan interaktif selama sesi workshop berlangsung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5735 seconds (0.1#10.140)