5 Tips Jitu Persiapan UTBK SBMPTN 2022

Sabtu, 26 Februari 2022 - 12:23 WIB
loading...
A A A
Jika mental sudah siap maka persiapan selanjutnya adalah membuat target belajar. Caranya, kelompokkan dulu mata pelajaran (mapel) yang belum dikuasai. Prioritaskan mapel yang sulit dimengerti atau mapel dengan jumlah sub-bab terbanyak. Sehingga, kalian masih mempunyai cukup waktu untuk mengejar ketertinggalan.

Baca juga: Teknologi Kuantum, ITB: Generasi Baru yang akan Mengubah Kehidupan Masyarakat

Kemudian, mapel tersebut dibagi lagi menjadi beberapa topik. Setelah itu, tinggal mengatur jadwal belajarnya. Selain itu, supaya tidak cepat bosan, kalian bisa belajar sambil mendengarkan lagu atau mengkombinasikan dengan materi yang lebih ringan.

3. Pahami Konsep

Kesalahan siswa dalam belajar yaitu menghafal bukan memahami konsep. Kalian harus ingat bahwa soal UTBK jauh berbeda dengan soal Penilaian Tengah Semester (PTS) atau Penilaian Akhir Semester (PAS). Tipe soal yang diberikan pun akan berbeda setiap harinya.

Maka ubah cara pandang dalam mengerjakan soal UTBK. Sebab yang dibutuhkan bukan hafalan, tetapi nalar dan logika dalam memahami konsep dasar topiknya.

Saat mengerjakan TKA Saintek atau hitung-hitungan, pastikan juga memahami konsep dasar matematika seperti aljabar, algoritma, peluang, eksponen, dan lain- lain. Sedangkan untuk menguasai TKA Soshum, bisa dengan membuat peta konsep. Urutkan dari topik utama, kemudian sub topik, sampai yang paling detail dan rinci.

4. Perbanyak Latihan Soal dan Try Out

Practice makes perfect. Dengan mengerjakan latihan soal UTBK, kalian dapat mengukur kemampuanmu dalam memahami materi. Selain itu, try out UTBK juga bisa menjadi simulasi UTBK yang sesungguhnya. Semakin sering mengikuti try out, kamu semakin terbiasa menghadapi berbagai tipe soal.

5. Fokus, Disiplin, dan Istirahat
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1076 seconds (0.1#10.140)