Prospek Kerja Jurusan Administrasi Publik, Tak Terbatas di Birokrasi Pemerintah Saja

Sabtu, 26 Februari 2022 - 14:20 WIB
loading...
A A A
Pada dasarnya, organisasi masyarakat (ormas) atau lembaga swadaya masyarakat (LSM) memberikan pelayanan secara sukarela tanpa mementingkan keuntungan. Kegiatannya bisa berupa apa saja seperti membela masyarakat yang tertindas, membantu masyarakat tertinggal, dan lainnya.

Tujuan baik itulah yang mendorong banyak orang ingin terlibat dalam ormas atau LSM. Untuk bisa memberikan pelayanan maksimal tersebut, seorang lulusan administrasi publik yang memiliki bekal ilmu mumpuni sangat berperan di posisi ini.

Baca juga: Tertarik Masuk ITB, Ini Skor Minimal Nilai UTBK-SBMPTN yang Harus Dicapai

4. Anggota Partai Politik

Salah satu cara terbaik menyalurkan ilmu administrasi publik adalah dengan menjadi anggota partai politik (parpol). Seorang anggota parpol tentu harus paham betul dan mengerti bagaimana pola pemerintahan yang seharusnya berjalan.

Selain itu, anggota parpol semestinya memiliki ilmu bagaimana mewujudkan visi dan misi kebangsaan demi kepentingan publik.

5. Jurnalis

Mahasiswa administrasi publik juga harus terlatih untuk mampu menganalisis suatu masalah, kemudian melaporkannya. Hal ini tentu menjadi bekal yang baik untuk menjadi seorang jurnalis.

Soalnya, lulusan jurusan jurnalistik harus lebih peka terhadap isu-isu terkini yang ada di pemerintah.

6. Dosen
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1296 seconds (0.1#10.140)