Orang Tua, Ini Jenis-jenis Ikan untuk Tingkatkan IQ Anak Anda

Selasa, 01 Maret 2022 - 13:05 WIB
loading...
Orang Tua, Ini Jenis-jenis Ikan untuk Tingkatkan IQ Anak Anda
Anak konsumsi ikan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sebagai negara maritime ikan merupakan bahan pangan yang mudah ditemui di Indonesia. Selain bertekstur lembut dan enak, mengkonsumsi ikan pun membawa banyak manfaat salah satunya bermanfaat untuk perkembangan otak anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Bahkan, berdasarkan studi terbaru, anak-anak yang makan ikan setidaknya sekali dalam seminggu, memiliki IQ yang lebih tinggi daripada anak yang jarang makan ikan.

Baca juga: Ini Sederet Negara dengan Jam Sekolah Terpendek di Dunia

Melansir dari laman halodoc.com, berikut ini 6 jenis ikan yang baik untuk meningkatkan kecerdasan anak.

1. Salmon
Dalam setiap 100 gram ikan salmon terdapat 415 kalori, 46 gram protein, dan 23 gram lemak. Selain itu, salmon juga kaya akan asam lemak omega-3 yaitu kandungan yang berperan besar dalam meningkatkan intelegensi anak. Kandungan lainnya yang terdapat dalam ikan salmon, seperti zinc, zat besi, niacin, vitamin B12 dan vitamin B6 merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak anak.

2. Bandeng
Ikan bandeng adalah salah satu jenis ikan yang murah meriah namun memiliki banyak gizi. Tidak hanya mengandung kalori, protein, dan lemak, bandeng juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan kecerdasan anak. Kandungan omega-3 di dalam ikan bandeng juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak dan membantu agar anak memiliki penglihatan yang lebih baik lagi.

Baca juga: Tidak Ada Paud di 19.000 Desa, Nadiem: Padahal Itu Usia Emas

Namun, karena ikan bandeng memiliki banyak duri, untuk memberikannya pada anak bisa menyiasatinya dengan memasak ikan bandeng dengan teknik presto sehingga durinya bisa melunak.

3. Cakalang
Cakalang merupakan salah satu jenis ikan yang berprotein tinggi. Kandungan protein ini bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Sering memberi anak makan ikan cakalang akan berdampak positif bagi kecerdasan otaknya nanti. Selain itu, ikan cakalang juga dapat meningkatkan daya ingat anak,. Hal ini berkat kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat di dalamnya.

4. Ekor Kuning
Selain kaya akan protein, ikan ekor kuning juga kaya akan omega 3 dan omega 6 yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak anak. Ikan ini sangat mudah didapatkan karena banyak dijual di pasar tradisional maupun supermarket. Cara mengolahnya pun juga mudah, tinggal digoreng dalam bentuk fillet atau dimasak secara utuh dan menambahkan beberapa bumbu agar lebih gurih.

5. Tuna
Ikan tuna juga merupakan jenis ikan yang memiliki kandungan omega-3 yang sangat tinggi untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak. Ibu bisa memberikan ikan salmon pada anak sejak ia sudah bisa diberi makanan pendamping ASI agar perkembangan otaknya lebih optimal. Selain omega-3, tuna juga kaya akan nutrisi esensial seperti DHA, fosfor, kalium, magnesium, dan vitamin B6.

6. Kembung
Ikan yang punya rasa yang enak, mudah ditemukan di mana saja dan harganya ekonomis ini ternyata kaya akan nutrisi. Ikan kembung kaya akan DHA dan Omega 3. Dalam satu ons ikan kembung terdapat sekitar 2,6 gram omega 3. Bila Si Kecil berusia di bawah 6 tahun, berikan ia ikan kembung sebanyak 3-5 ons per minggunya, agar Si Kecil dapat tumbuh menjadi anak yang cerdas.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3107 seconds (10.101#12.26)