Diresmikan Juni, Ini Keunikan Kebun Raya ITERA yang Angkat Identitas Flora Sumatera

Sabtu, 05 Maret 2022 - 13:06 WIB
loading...
A A A
Kebun Raya ITERA juga menyediakan empat zona fasilitas yaitu zona penerimaan, zona wisata, zona pengelola, dan zona koleksi. Zona penerimaan merupakan zona yang meliputi fasilitas penerimaan seperti gerbang, plaza penerimaan, tanaman pengarah penerima, dan petunjuk akses.

Zona wisata merupakan zona yang bebas dan terbuka untuk masyarakat umum, meliputi taman labirin, taman estetika, dan taman air mancur. Kedepannya zona ini masih akan dibangun seperti zona tanaman hias, taman tematik aromatik, taman tematik obat, dan lainnya.

Sementara pada zona pengelola ada kantor pembibitan yang dapat membantu aktivitas kegiatan operasional UPT dengan fasilitas gudang, rumah kaca pembibitan dan tujuh paranet yang memiliki fungsi-fungsi khusus. Terakhir zona koleksi merupakan zona yang hanya bisa diakses masyarakat tertentu untuk kepentingan penelitian dan lainnya.

Baca juga: Tips Tetap Fokus Persiapan UTBK SBMPTN 2022 Saat Puasa

Terkait persiapan peresmian Kebun Raya, Alawiyah menyebut, saat ini pengelola sedang fokus mengisi fasilitas-fasilitas yang baru dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2021, seperti paranet dan rumah kaca anggrek.

Selain itu juga sedang dilakukan penataan lanskap, perbaikan jalan, menghias area pengarah atau rute yang akan dilalui oleh tamu undangan, perawatan tanaman, dan perapihan lahan.

Alawiyah mengatakan, keunikan dan keistimewaan yang paling ditonjolkan di Kebun Raya ITERA adalah adanya tanaman koleksi yang memiliki identitas jelas yang mampu membedakan Kebun Raya ITERA dengan kebun raya lainnya. Seperti adanya taman labirin, dan embung berbentuk siger dan pulau Sumatera di tengahnya.

“Masih banyak fasilitas yang akan disiapkan untuk mengisi Kebun Raya ITERA nantinya seperti museum etnobotani, herbarium, restoran, visitor information center, klinik herbal, lawn atau padang rumput, hingga rumah adat dari daerah-daerah di Sumatera,” terang Alawiyah.
(nz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1663 seconds (0.1#10.140)