Mendikbudristek Raih Penghargaan Adicita Sewaka Pertiwi dari Menpan RB

Rabu, 09 Maret 2022 - 14:10 WIB
loading...
Mendikbudristek Raih Penghargaan Adicita Sewaka Pertiwi dari Menpan RB
Mendikbudristek raih penghargaan Adicita Sewaka Pertiwi. Foto/Dok/Kemendikbudristek
A A A
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Menpan RB ) Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan Adicita Sewaka Pertiwi kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim sebagai Pembina Pelayanan Publik Prima Tahun 2021. Tahun ini ada lima pimpinan kementerian/lembaga yang meraih penghargaan tersebut.

Penghargaan tersebut diterima langsung Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Kemendikbudristek Mustangimah pada acara Penghargaan Pelayanan Publik di lingkup Kementerian, Lembaga dan Pemerintah daerah tahun 2021 yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), di Jakarta.

Untuk pertama kalinya Kemenpan RB memberi penghargaan Adicita Sewaka Pertiwi kepada pimpinan kementerian/lembaga serta kepala daerah yang telah berhasil meraih predikat A atau pelayanan prima selama dua tahun berturut-turut.

Baca: 12 Tips Cepat Dapat Kerja Usai Lulus Kuliah dari Alumnus Unair

Tahun ini penghargaan tersebut diberikan kepada lima pimpinan kementerian/Lembaga, yakni Sekretaris Kabinet Republik Indonesia, Kepala Badan Pusat Statistik Republik Indonesia, Menteri Keuangan Republik Indonesia, Menteri Agama Republik Indonesia, dan Mendikbudristek.

Selain itu, Kemendikbudristek melalui Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Tengah juga mendapat penghargaan sebagai penyelenggaraan pelayanan publik kategori “Pelayanan Prima” tahun 2021.

Pada kesempatan ini, Mustangimah menyampaikan rasa syukurnya atas capaian yang diraih oleh Kemendikbudristek. “Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak termasuk Bapak/Ibu eselon I dan II, serta seluruh unit pemberi layanan yang telah secara konsisten melakukan berbagai perbaikan dalam memberikan pelayanan,” ujarnya melalui siaran pers, Rabu (9/3/2022).

Baca juga: Mahasiswa, Intip Peluang Karier Menjanjikan Prodi Manajemen Perhotelan

“Luar biasa, usahanya (sebelum meraih penghargaan) ini memang berat tapi senang sekali karena kita mendapat predikat tertinggi untuk pelayanan prima,” lanjut Mustangimah.

Kemendikbudristek berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan publik. “Banyak jenis dan sistem layanan yang baru yang kita adakan merujuk pada ketentuan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik serta Peraturan Permen PANRB Nomor 17 Tahun 2017,” ucapnya ketika ditanya seputar strategi Kemendikbudristek dalam peningkatan layanan publik di masa mendatang.

Selepas menerima penghargaan, Mustangimah berpesan agar setiap satuan kerja pemberi layanan harus dapat mengetahui kebutuhan masyarakat. Ditambah lagi, keinginan masyarakat dari waktu ke waktu terus meningkat dan selalu ingin mendapatkan pelayanan yang lebih baik. “Kita harus mengakomodir kebutuhan masyarakat,” imbuhnya.

Menpan RB Tjahjo Kumolo hadir secara langsung memberikan penghargaan kepada instansi pemerintah yang berhasil meraih predikat A atau Pelayanan Prima. Mengutip instruksi Presiden Joko Widodo bahwa setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mempunyai orientasi yang sama, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Menurut Presiden, ASN harus memiliki jiwa melayani serta membantu masyarakat. “Definisi BerAKHLAK adalah berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif,” sebut Menteri Tjahjo.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0937 seconds (0.1#10.140)