Nadiem Dorong Peningkatan Ekosistem Riset di Perguruan Tinggi

Kamis, 17 Maret 2022 - 10:32 WIB
loading...
A A A
Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nizam pun menuturkan, UKICIS dapat ikut serta dalam menciptakan teknologi yang berdampak pada masyarakat luas terutama menyasar prioritas riset yang telah diarahkan oleh Presiden Jokowi sebagai bagian penting dari program prioritas riset nasional dan penggerak ekonomi Indonesia ke depan.

Baca juga: BLS Bekali Mahasiswa, Akademisi, dan Peneliti Cara Hitung Emisi Karbon Hutan

Nizam berharap RISPRO UKICIS dapat menjadi pengungkit terselenggaranya riset yang memiliki dampak bagi masyarakat luas dan bersinergi dengan program-program pertukaran mahasiswa dan akademisi Kemendikbudristek, serta manajemen talenta. Nizam juga mendorong pemerintah UK untuk turut memberikan dukungan dalam bentuk pendanaan sebagai tindak lanjut dari inisiatif baik dari pemerintah Indonesia.

“Kerja sama UKICIS ini juga kita sinergikan dengan program prioritas di Kemendikbudristek, yaitu Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka serta manajemen talenta melalui pertukaran mahasiswa, pertukaran peneliti, maupun berbagai program sinergi lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto menyampaikan, pendanaan sebesar Rp44 miliar (USD 3 juta) akan digunakan untuk menguatkan riset nasional di bidang Green Economy, Blue Economy, Digital Technology, Health, dan Tourism selama empat tahun (2022-2026). RISPRO UKICIS dapat diakses oleh perguruan tinggi di Indonesia, baik yang berafiliasi dengan UKICIS maupun tidak.

“Dengan bantuan dana LPDP kami berharap dapat membantu mencapai tujuan UKICIS yakni membangun pengetahuan dan adanya bertukar pengetahuan antara Indonesia-UK, membangun ekonomi, pendidikan dan budaya yang lebih maju antara Indonesia dan UK dan meningkatkan dampak riset,” jelasnya.
(nz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5896 seconds (0.1#10.140)