Pakar Gizi IPB University Beberkan Pemicu Obesitas pada Remaja

Kamis, 17 Maret 2022 - 22:17 WIB
loading...
Pakar Gizi IPB University Beberkan Pemicu Obesitas pada Remaja
Sejumlah dosen dan mahasiswa Prodi MIJMG Sekolah Vokasi IPB University memberikan penyuluhan gizi cegah obesitas di SMP PGRI 5 Bogor. Foto/Dok/IPB
A A A
JAKARTA - Sejumlah dosen dan mahasiswa Program Studi Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi (MIJMG) Sekolah Vokasi IPB University memberikan penyuluhan di SMP PGRI 5 Bogor. Kegiatan penyuluhan gizi bertema “Cara Mencegah Obesitas pada Remaja dengan Pola Makan yang Sehat”.

Tujuan dilaksanakan kegiatan penyuluhan ini adalah memberikan edukasi mengenai pentingnya menerapkan pola makan yang sehat untuk mencegah terjadinya obesitas pada kalangan remaja di SMP PGRI 5 Bogor.

Baca juga: Pendaftaran Beasiswa Pertamina Sobat Bumi Dibuka Hari Ini, Cek Syarat dan Cara Daftar

Sementara, luaran yang diharapkan adalah terjadinya peningkatan pengetahuan tentang pola makan yang sehat sehingga dapat mencegah terjadinya obesitas pada murid-murid SMP.

Materi yang diberikan yaitu tentang faktor pemicu obesitas yang salah satunya adalah faktor genetik. Hal ini ditunjukkan dengan anak remaja yang tidak menerapkan pola makan yang sehat.

Materi lainnya yaitu penjelasan mengenai gambaran umum dari obesitas, pencegahan obesitas, melakukan perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT), cara mengatur pola makan dengan konsep piramida gizi seimbang, anjuran asupan makanan, serta penyakit apa saja yang ditimbulkan dari obesitas pada remaja.

Baca juga: Beasiswa LPDP untuk PNS, TNI, dan Polri 2022, Simak Syarat dan Ketentuannya

Dosen Sekolah Vokasi IPB University Rosyda Dianah, MKM, mengatakan, pola makan merupakan faktor paling utama yang dapat memicu terjadinya obesitas, yaitu mengonsumsi makanan dalam porsi besar, tinggi energi, tinggi lemak, tinggi karbohidrat, dan rendah serat.

Ia menerangkan, kebiasaan pola makan yang salah pada anak remaja sekarang di antaranya lebih memilih junk food, makanan dan minuman kemasan, serta kurangnya konsumsi buah dan sayur.

“Cita rasa yang enak dan gurih pada junk food menjadi penyebab mengapa anak remaja lebih suka mengkonsumsi makanan siap saji,” kata Rosyda Dianah dalam keterangan pers, Kamis (17/3/2022).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2278 seconds (10.177#12.26)