Inilah Hak dan Kewajiban Siswa di Sekolah

Kamis, 24 Maret 2022 - 18:14 WIB
loading...
A A A
Pada umumnya, setiap sekolah terdapat banyak fasilitas yang disuguhkan, ada lapangan olahraga, perpustakaan, ruang ibadah, kantin dan lain-lain. Dengan demikian siswa berhak untuk menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut sesuai fungsinya.

4.Mendapatkan perlindungan dan keamanan dari pihak sekolah

Sejak masuk usia sekolah, siswa akan menghabiskan waktunya lebih banyak di sekolah, bersama teman-teman guru, staf, dan anggota sekolah lainnya. Sehingga anak harus berpisah selama beberapa waktu dari orang tuanya.

Hak lain yang harus anak diperoleh di sekolah adalah perlindungan dan keamanan, terutama dari guru dan staf sekolah, terlepas dari latar belakang suku, budaya, dan agama siswanya, untuk menunjukkan guru dan staf melindungi siswanya tanpa memandang latar belakangnya.

- Kewajiban Siswa di sekolah

1. Mengikuti peraturan dan tata tertib sekolah

Setiap sekolah tentu memiliki regulasi dan tata tertib yang berbeda-beda. Dengan demikian siswa wajib mentaati peraturan serta tata tertib yang berlaku. Anak juga harus belajar menjaga sikap dan ketertiban selama proses belajar di sekolah agar proses belajar mengajar menjadi kondusif. Hal itu juga melatih kedisiplinan anak, serta membuat lingkungan sekolah menjadi tertib.

2. Hadir tepat waktu dan memberi keterangan jika tidak bisa hadir sekolah

Sudah menjadi aturan umum seorang siswa wajib datang ke sekolah tepat waktu sebelum bel sekolah dibunyikan, yaitu ada yang pukul 06:30, atau 07.00, tergantung dari kebijakan sekolah. Peraturan ini dibuat agar siswa bisa sesuai dengan jadwal pelajaran yang telah dibuat, dari jam masuk hingga jam pulang.

Selanjutnya jika anak berhalangan masuk sekolah, orang tua atau wali wajib memberikan surat izin tidak masuk sekolah atau menghubungi guru dan pihak staf sekolah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.6428 seconds (0.1#10.140)