Mau Lolos SBMPTN tanpa Bimbel? Cek Tipsnya di Sini

Senin, 04 April 2022 - 11:21 WIB
loading...
Mau Lolos SBMPTN tanpa Bimbel? Cek Tipsnya di Sini
Tips lolos SBMPTN tanpa bimbel. Foto/Ilustrasi/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Persaingan masuk perguruan tinggi negeri favorit melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN ) terkenal sangat kompetitif. Namun apakah bisa lolos SBMPTN tanpa mengikuti bimbingan belajar ( bimbel )? Simak beberapa tips berikut ini.

Persaingan untuk lolos SBMPTN memang terbilang ketat karena yang akan mendaftar tidak hanya dari lulusan 2022 namun juga siswa dari pendidikan menengah dan lulusan Paket C tahun 2020 dan 2021. Maka tidak terbayangkan berapa ratus ribu peserta yang akan memperebutkan kursi SBMPTN yang kuotanya terbatas itu.

Maka dari itulah, demi bisa kuliah di kampus negeri idaman banyak murid yang rela ikut bimbel atau les khusus persiapan SBMPTN. Namun, tidak mengikuti bimbel bukan berarti tidak akan lolos tes. Berikut beberapa tips SBMPTN yang bisa diterapkan jika ingin lolos SBMPTN tanpa bimbel atau les, dikutip dari laman resmi Fakultas Teknik Universitas Pasundan (Unpas).

Baca: Pendaftaran Jalur SMM PTN-Barat 2022 Dibuka, Cek Info Lengkapnya

1. Belajar Soal-Soal Tahun Lalu

Tipe soal SBMPTN cenderung sama dari tahun ke tahun, maka jangan malas untuk mempelajari soal ujian tahun-tahun sebelumnya. Ingat, belajar soal dulu, bukan belajar teori. Kenapa? Kamu perlu mengukur tingkat kesulitan soal dan mengetahui sejauh mana kesiapanmu. Mendapatkan soal-soal SBMPTN tahun lalu bukan hal yang susah, kok. Selain membeli buku bank soal, kamu juga bisa mencarinya di website-website pendidikan. Tidak hanya gratis, koleksinya juga lengkap.

2. Fokus Belajar dan Pasang Target

Jangan sampai cita-citamu kuliah di kampus favorit kandas begitu saja hanya karena malas dan tidak fokus. Kuncinya, persiapkan semuanya dengan matang sejak jauh-jauh hari. Sisihkan waktu minimal 6 bulan menjelang jadwal pelaksanaan SBMPTN untuk belajar, bukan justru sebulan apalagi seminggu sebelumnya.

Jangan lupa, buat target belajar yang realistis agar jadwal belajarmu lebih terstruktur. Selain itu, fokuslah dengan target yang sudah kamu buat. Kebanyakan peserta SBMPTN gagal karena kurang serius mempersiapkannya. Coba mulai kurangi kegiatan yang tidak begitu penting dan manfaatkan waktu untuk belajar.

3. Pelajari Konsep, Bukan Menghafal

Soal SBMPTN dirancang untuk menguji kekritisan nalar serta pemahaman kontekstualmu akan ilmu sains dan sosial. Maka bersiap-siaplah untuk gagal kalau kamu sendiri masih mengandalkan cara lama dengan menghafal teori tanpa melihat garis besar dan perspektif ilmu itu sendiri. Jadi sebelum terlambat, ubah metode belajarmu sekarang juga.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1490 seconds (10.101#12.26)